analisis regresi linier berganda menurut para ahli

artikel analisis regresi linier berganda menurut para ahli ini kami kemukakan untuk menjelaskan lebih rinci tentang apa dan bagaimana analisis ini. pada tulisan kami sebelumnya, kami sudah menjelaskan bagaimana cara melakukan analisis regresi linier berganda dengan spss. selanjutnya akan kami kupas sebagaimana berikut:

analisis-regresi-linier-berganda-menurut-para-ahli

Pengertian atau definisi regresi:

regresi merupakan suatu metode dalam statistik yang dapat digunakan untuk melihat ada atau tidaknya hubungan (hubungan kausal atau sebab akibat) dan ditampilan dalam bentuk model sistematis atau persamaan.

regresi menurut singgih santoso (2010) dalam buku statistik parametrik; konsep dan aplikasi dengan spss adalah merupakan sebuah metode yang dapat digunakan untuk mengembangkan sebuah model atau persamaan yang menjelaskan hubungan antar variabel (variabel independen atau dependen)

David olson dan Yong Shi (2008) dalam bukunya pengantar ilmu pengalian data bisnis mengemukakan bahwa regresi adalah salah satu perangkat dasar untuk analisis yang dapat digunakan untuk membuat model prediktif untuk berbagai jenis data.

Nawari (2010) dalam bukunya analisis regresi dengan MS excel 2007 dan SPSS 17 menjelaskan bahwa regresi merupakan suatu metode yang sederhana yang dapat digunakan untuk menginvestigasi hubungan fungsional antar variabel yang diwujudkan dalam bentuk matematis.

berdasarkan beberapa definisi di atas, dapat disimpulkan bahwa regresi merupakan salah satu metode statistik yang bisa digunakan untuk memprediksi atau mengembangkan sebuah model yang diwujudkan dalam bentuk persamaan regresi.

pengertian regresi berganda:

regresi linier berganda merupakan suatu metode statistik dimana variabel bebas atau variabel independen lebih dari satu. bentuk persamaan untuk regresi berganda adalah sebagai berikut:

Y = a + b1.X1 + b2.X2 ……..n

keterangan:

Y adalah variabel dependen

a adalah konstanta

b adalah koefisien regresi

X1 adalah variabel independen pertama

X2 adalah variabel independen kedua

hanya itu saja yang dapat kami sampaikan saat ini tentang regresi linier berganda menurut para ahli. pembahasan tentang regresi berganda ini akan kami lanjutkan di lain kesempatan. trims

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *