apa itu populasi dan sampel

apa itu populasi dan sampelatrikel apa itu populasi dan sampel ini akan menjelaskan tentang beberapa hal, dimulai dari definisi atau pengertian populasi dan sampel, contoh populasi atau sampel penelitian, dan lain-lain. Informasi tentang hal ini telah banyak disebarkan, telah banyak makalah yang ada di internet yang mengupas tentang populasi dan sampel.
Pengertian atau definisi

pupulasi adalah kumpulan individu atau keseluruhan subyek penelitian. Sedangkan definisi atau pengertian sampel adalah sebagian dari populasi yang ingin diteliti yang memiliki karakteristik tertentu.

Contohnya:

contoh populasi: seluruh mahasiswa di Universitas X, seluruh karyawan di PT X, dan lain sebagainya, sedangkan contoh sampel adalah sebagian dari mahasiswa di Universitas X yang dianggap representatif mewakili seluruh mahasiswa

selanjutnya untuk menntukan sampel dibutuhkan metode sampling yang berdasarkan kepada beberapa hal, pertama berdasarkan jumlah (sampling tunggal, sampling ganda, sampling multiple), kedua berdasarkan cara yang dipakai (non probability sampling, probability sampling).

Contoh sampling non probability adalah sampling insidential, sistematis, kuota, purposive, jenuh, dan snowball sampling sedangkan contoh probability adalah simple random sampling, sistematis, cluster sampling, dan lain-lain.

(Visited 209 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *