bab 3 variabel penelitian

bab 3 variabel penelitianjudul artikel ini adalah bab 3 variabel penelitian. judul yang unik menurut kami karena secara otomatis pembahasan tentang variabel cenderung digunakan pada bab 3 dalam sebuah penelitian. pada bab 3 dijelaskan variabel apa saja yang akan digunakan dalam sebuah penelitian dan juga sering ditemui tentang istilah DOP, yaitu singkatan dari definisi operasional variabel yang akan menjelaskan variabel secara definisi serta indikator yang mengikutinya.

selanjutnya kami akan menjelaskan definisi-definisi tentang variabel berdasarkan teori yang ada. menurut soeparto dalam nursalam (2008: 97) variabel adalah suatu perilaku atau karakteristik yang akan memberikan nilai beda terhadap sesuatu seperti benda, manusia, dan lain sebagainya. menurut hermawan (hal 52) menjelaskan bahwa yang disebut dengan variabel adalah sesuatu yang memiliki variasi nilai seperti nilai ujian, tingkat motivasi, tingkat kepuasan konsumen, tingkat kinerja, dan lain sebagainya. selanjutnya menurut kerlinger dalam lusiana dkk (2015: 19) menyebutkan bahwa variabel adalah suatu konstrak atau suatu sifat yang akan dipelajari seperti tingkat aspirasi, penghasilan, pendidikan, dan lain-lain.

variabel memiliki berbagai macam jenis, jenis yang paling populer dikenal adalah variabel bebas atau variabel independen dan variabel terikat atau variabel dependen. variabel bebas biasanya disimbolkan dengan variabel X dan variabel terikat disimbolkan dengan Y. selain variabel bebas dan terikat masih ada lagi jenis variabel lainnya, yaitu variabel moderator, intervening, dan variabel kontrol.

variabel bebas merupakan variabel yang mempengaruhi variabel terikat sedangkan variabel terikat adalah variabel yang dipengaruhi oleh variabel bebas,variabel moderator merupakan variabel yang dapat memperkuat atau memperlemah hubungan antara variabel bebas dan terikat. variabel intervening merupakan penghubung yang tidak langsung antara variabel bebas dan variabel terikat. dan terakhir variabel kontrol adalah variabel yang dikendalikan sehingga faktor luar yang tidak diteliti tidak mempengaruhi hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat lusiana dkk (2015: 20-24).

itulah penjelasan singkat tentang variabel penelitian yang biasanya terdapat pada bab 3 suatu penelitian. semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua…

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *