cara input data kuesioner atau angket ke dalam spss

Cara input data kuesioner atau angket ke dalam spss

Artikel cara input data kuesioner atau angket ke dalam spss ini lanjutan dari artikel sebelumnya yang mana pada artikel sebelumnya data kuesioner dimasukkan kedalam excel, namun kali ini akan langsung dimasukkan ke dalam spss.

Sebenarnya dari kedua cara ini banyak terdapat kesamaan, namun sedikit berbeda ketika telah masuk pada menu spss yang mana harus ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi sesuai dengan menu yang ada di spss. Selanjutnya kami akan langsung menjabarkan langkah-langkah tersebut seperti berikut:

1  langkah pertama adalah mengetahui terlebih dahulu skala apa yang digunakan pada kusesioner atau angket penelitian. Pada kasus ini angket atau kuesioner yang digunakan adalah skala likert dengan ketentuan sebagai berikut:
sangat setuju (SS)
Setuju (S)
Netral (N)
Tidak Setuju (TS)
Sangat Tidak Setuju (STS)
Ketentuan diatas akan dirubah nilainya menjadi; sangat setuju (5), setuju (4), netral (3), tidak setuju (2), dan sangat tidak setuju (1) dengan catatan semua pernyataannya kalimat favorable.

2 Kemudian kuesioner yang telah diisi responden tersebut dimasukkan langsung ke dalam spss. Pada artikel ini kami berikan contoh 2 kuesioner saja dengan variabel penelitian yaitu harga dan kepuasan yang masing-masing terdapat 4 pernyataan dan telah diisi oleh responden. Berikut kuesionernya:

Gambar kuesioner pertama

cara input dapat kuesioner atau angket ke dalam spss

Gambar kuesioner ke dua

kuesioner atau angket ke dua
3 Selanjutnya buka program spss sehingga tampil seperti gambar berikut:

input data awal
4 Klik menu “variabel view’ pada spss

variabel view klik

Sehingga akan tampak seperti gambar berikut:

tampilan variabel view
5 Isikan nama variabelnya begitu juga setiap itemnya. Pada contoh ini, untuk variabel harga, setiap itemnya akan diberikan kode (hg), maka menjadi hg1, hg2, hg3, dan hg4 (hg1 adalah pernyataan no 1 untuk variabel harga, hg2 adalah pernyataan no 2 untuk variabel harga, dan begitu seterusnya. Sedangkan untuk variabel kepuasan, setiap itemnya akan diberi kode (kp), maka menjadi kp1, kp2, kp3, kp4 (kp1 adalah pernyataan no 1 untuk variabel kepuasan, dan begitu seterusnya). Lihat gambar berikut:

input data angket
6 Selanjutnya klik menu “Data View” seperti gambar berikut:

input data kuesioner
Maka akan tampil seperti gambar berikut:

tampilan input data
7 Langkah selanjutnya masukkan data yang sesuai dengan kuesioner pertama dan kedua seperti gambar berikut:

hasil input data kuesioner atau angket
8 Terkahir jangan lupa di simpan melalui menu “Save as” pada SPSS

9 Selesai

Akhirnya selesai juga artikel tentang cara input data dari kuesioner atau angket ke dalam spss. Jika ingin melihat cara input data dalam versi video, maka dapat disaksikan melalui link ini.

 

53 thoughts on “cara input data kuesioner atau angket ke dalam spss

    1. iya pak,, untuk data kategori silahkan lihat di artikel kami yang berjudul cara input data jenis kategori mbak,,cari di dalam web ini ya.. atau mbak bisa hubungi kami di kontak yang sudah kami sediakan..

  1. Mohon maaf.. saya ingin bertanya. Saya menggunakan skala berjenjang TP:tidak pernah, J:jarang, K:kadang2, Sr:sering, Sl:selalu. Judu penelitian saya intensitaa interaksi ibu dan anak dengan kemandirian anak.
    Bagaimana saya menilai kuisioner sy tersebut? Dan bgm cara melakukan validasi serta analisis datanya?

    1. untuk menilai kuesioner harusnya sudah ada di bab metopen dan disesuaikan dengan skalanya,, misal tidak pernah (1), jarang (2), kadang-kadang (3), dst..
      untuk melakukan validasinya bisa dilihat pada artikel uji validitas di web ini gan..
      terkait analisis data (uji hipotesis) ini bisa dilihat dari bentuk hipotesisnya, kalau hipotesisnya ttg hubungan bisa menggunakan korelasi pearson, jika hipotesisnya bentuk kausal bisa menggunakan regresi,,

  2. Maaf mas saya mau nanya.. cara memasukan skor skala semantik differensial ke SPSS bagaimana ya? Dan kalau alat ukur saya yang satu menggunakan skala semantik dan yang satu skala likert apakah bisa menggunakan Spss dan kalau bisa caranya bagaimana mas? Mohon bantuanny

    1. input nya sama mbak, dimasukkan saja angka2 sesuai dengan jawaban responden.
      cara menggunakan SPSS tergantung uji apa yang dibutuhkan mbak

  3. jika jumlah pernyataan dalam masing” variabel berbeda, apa yang harus dilakukan ? apakah setiap variabelnya dihitung rata” atau total semua ??

    1. itu tergantung uji yg akan digunakan slanjutnya gan,, kalau semisal uji regresi, maka yg digunakan total skor

  4. Mohon bantuannya.
    Kalo variabel bebas saya ada 4 maka yg digunakan total per variabel bebasnya, atau dihitung semua per pertanyaan? Saya menggunakan regresi berganda?

    1. untuk langkah awalnya sebaiknya input semua data (semua item pertanyaan), nanti pas uji regresi bergandanya baru menggunakan total skor dari masing-masing variabel

  5. Saya pakai angket pak. Tpi satu variabelnya terdiri dari beberpa laiinya..contoh..variabel X1 terdiri dri X1.1, X1.2, X1.3. nilai mana yg sya pakai untuk variabel X1nya?

    1. secara umum sama mbak, namun perlu di tambahkan pengkodean saja, coba mak lihat artikel cara input data jenis kategori

  6. pak, saya mau nanya. Kalau misalnya data seperti di contoh bapak, ada 2 variabel yaitu harga dan kepuasan. untuk mengetes validitasnya, apakah dari gambar step 7 langsung Analyze > Correlate > Bivariate Pak?
    Lalu yang dibandingkan dengan r tabel dari Pearson nilai yang mana, Pak?

    1. ya mbak, kalau data sudah seperti gambar 7, maka bisa dilakukan anaisis langsung, kemudian untuk melihat nilai mana yg dibanding, mbak lihat saja langsung di artikel saya yang uji validitas menggunakan pearson, disitu sudah saya buat lengkap

  7. Pagi pak, saya ingin tanya.
    Awal nya kuisioner saya ini bentuk nya skala likert, kemudian dari dospem saya ada 3 tambahan pertanyaan essai, lalu bagaimana saya menginput data yg essai ini ke SPSS?

  8. pak saya ingin bertanya, setelah mengikuti cara di atas hasil output untuk normalitasnya yang mana ya? kalo saya pakek kolmogorov smirnov bagai mana ?

  9. pak kalau pedoman observasional bagaimana cara menginputnya di spss untuk master data?? mohon babtuanya pak..

  10. gan mau tanya,, saya baru skripsi dg judul intinya efektifitas media terhadap sikap siswa,, nah data saya ada pre-post tes sama angket,, itu kalau SPSS pakai analisa yang mana ya,, trmkasih krn sy bingung pakai analisa gmnnys

    1. untuk data pre-post biasanya pakai paired sample t test. dan untuk angket itu tergantung bentuk hipotesisnya juga

  11. Jika saya menggunakan pertanyaan semi terbuka kodingnya gimana ya

    Contohnya : olahraga apa yang sering kamu lakukan? Boleh memilih lebih dari satu
    A. Jogging
    B. Senam
    C. Permainan (sepak bola, futsal, voli, dsb)
    D. Lainnya ………

  12. Skripsi saya menggunakan kuesioner skala likert. Tetapi responden rata2 menulis 1jawaban disetiap pertanyaan (menjawab SS pada setiap bulir pertanyaan) bagaimana ya kira2? Apakah nanti bisa valid atau tidak data yg saya input? Mohon jawabannya terimakasih

    1. jika satu item jawabannya cuma satu pilihan (misal 30 responden menjawab pertanyaan no 1 dengan “setuju” semua) maka pada output tidak akan keluar nilai r hitungnya yang keluar hanya huruf a (cannot be computed) artinya ini tidak bisa diambil kesimpulan

  13. Min,, mau tanya kalau data yang gak reliabel itu penyebabnya apa ya? Trs cara mengatasi nya gimana? Terimakasih..

  14. Untuk uji heteroskesdastisitas bagusnya menyebar atau menunjukan arah tapi positif? Jadi baik ada hubungan atau tidak?

    1. jika uji heteros dengan scatter plot maka syaratnya data tidak boleh membentuk pola dan data menyebar di atas dan di bawah angka 0 pada sumbu Y.

  15. Untuk uji heteroskesdastisitas bagusnya menyebar atau menunjukan arah tapi positif? Jadi baik ada hubungan atau tidak?

  16. kalau skala yg di pakai sangat buruk (-2), buruk (-1), netral (0), baik (1) dan sangat baik (2). nah itu bagaimana gan?

    1. nilainya di coding dulu gan, coba lihat artikel kami tentang cara input data jenis kategori di web ini gan

  17. Malam gan, mau nanya. Klo sya pnelitian sya ad 4 variabel, Xnya ad 3 dan Y ada 1. Trus jumlah indikator smuanya ada 36 gan. Apakah klo di uji Validitas dan Reliabilitas itu langsung semua variabel gan? Atau masing2 variabel?
    Mohon bantuannya gan

    1. umumnya saya temukan per variabel gan walaupun ada beberapa yang melakukannya langsung kesemua item

  18. Selamat malam min, Saya ingin bertanya bagaimana cara menganalisis kepuasan masyarakat secara deskriptif mengunakan spss 18 dengan 34 pertanyaan dengan 9 indikator jadi ( X1a,X2a,X3b ,X4b, X5c dst hingga huruf i ) dalam penelitian ini saya menggunakan skla likert ? Terimakasih

    1. coba lakukan analisis deskriptif (frekuensi) mbak,,dstu bisa melihat data dalam bentuk tabel frekuensi dan porsentase

  19. Mau tanya dong gimana cara menginput data koesinoer, dengan 5 variabel independen dan 1 variabel dependen dan pervariabel mempunyai 10 pertanyaan,??? Sedangkan di data spss kolomnya cuman sampe 41,, Tolong dong jawabannya secepatnya yahhhh

    1. pada tampilan awal variabel view SPSS memang hanya memunculkan 40 kolom, namun setelah di isi nama variabelnya maka akan otomatis bertambah sendiri

  20. Minta bantuanya pak,
    Skripsi sya pake skla likert,,
    Dgn skor 4.3.2.1
    Jumlah responden ada 2 dan jumlah butir pernyasn 20.
    Cra untuk uji hipotesisisnya Bgaimna pak.
    Makasii,,

    1. uji hipotesis itu tidak bisa hanya melihat skala kuesioner saja gan,,brpa hal yg paling mendasar adalah rumusan masalah, jenis data, bentuk hipo nya

    1. menentukan analisis itu tergantung dari beberapa hal, seperti data, rumusan masalah, bentuk hipotesisnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *