cara membaca tabel f

artikel cara membaca distribusi tabel f ini adalah lanjutan dari posting sebelumnya tentang membaca tabel t. seperti hal nya tabel t, tabel f pun juga punya aturan sendiri untuk membacanya. kami menyebutnya “kata kunci” untuk menemukan angka pada tabelnya. adapun kata kunci untuk membacanya adalah sebagai berikut:

Pertama, adalah mengetahui degree of freedom (df) atau derajat kebebasan (dk). untuk tabel f, degree of freedom (df) dibagi menjadi dua, yaitu

1  Degree of freedom sebagai pembilang atau df (n1)

2  Degree of freedom sebagai penyebut atau df (n2)

Kedua, mengetahui jumlah variabel yang diteliti (k)

Ketiga, mengetahui jumlah data/observasi/responden (n)

Keempat, Menentukan taraf signifikansi (sign)

kawan-kawan sekalian…. 4 hal di atas yang akan menjadi patokan untuk menentukan angka pada tabel distribusi f nantinya. penjelasan selanjutnya tentang 4 hal di atas sebagai berikut:

Degree of Freedom, dicari dengan rumus sebagai berikut:

df (n1) = k – 1

df (n2) = n – k

Jumlah Variabel adalah total variabel yang akan di teliti

Data/observasi/responden adalah, jumlah data yang diambil

Taraf Signifikansi, adalah taraf kepercayaan, keyakinan akan keberhasilan penelitian.

Nah, setelah semua nya jelas, maka kami akan mencoba mengajak kawan-kawan untuk memecahkan sebuah studi kasus dibawah ini:

Studi kasus:

sebuah penelitian akan dilakukan seorang mahasiswa, variabel yang di teliti adalah (dukungan sosial, motivasi, dan kualitas hidup), data atau responden yang diteliti sebanyak 20 orang dengan menggunakan taraf signifikansi sebesar 5% atau 0,05.

Penyelesaian:

menentukan degree of freedom dengan rumus:

df (n1) = k – 1 jadi 3 -1 =2

df (n2) = n -k jadi 20 – 3 = 17

Maka dapat disimpulkan nilai untuk df (n1) adalah 2, dan df (n2) adalah 17. mari kita lanjutkan dengan melihat tabel distribusi F berikut:

contoh tabel f

tabel di atas menunjukkan penjelasan dari masing masing degree of freedom dan taraf sifnifikansi penelitian. tahap selanjutnya adalah menentukan angka atau nilai tabel f dengan cara tarik garis lurus antara df (n1) dan df (n2). perhatikan gambar berikut:

hasil f tabel

Kesimpulan:

berdasarkan gambar tabel f diatas, dengan nilai df (n1) 2, df (n2) 17, dan taraf signifikansi 5% atau 0,05 maka didapatkan nilai f tabel adalah sebesar 3,59.

itulah tadi artikel cara membaca atau melihat tabel f. kami berharap artikel tersebut bermanfaat, jika ada kesalahan silahkan dikoreksi dan bisa diskusikan bersama kami. bisa lihat juga versi  video youtube kami

(Visited 4,649 times, 95 visits today)

22 thoughts on “cara membaca tabel f

      1. lebih baik pake yg rumus :
        df1=k-1
        df2=n-k1
        atau yg rumus :
        df1=k
        df2=n-k-1
        kan hasilnya juga beda, bagaimana?

        1. jika hasil F hitungnya > F tabel (kedua rumus di atas) maka sama saja mbak,, silahkan pilih salah satu

  1. gan kalau jumlah K=1 dan N=20 maka hasilnya gimana pada tabel F. kan katanya carara nyari Df(n1)= k-1, 1-1= 0. lalu Df(n2)= n-k, 20-1=19. nah klau Df1(n1)nya di dapat 0 gimana soliusinya?

  2. Min mau tanya kalau misal variabel terikat nya 1 dan variabel bebas nya 2 itu apakah yang di masukan rumus K(jumlah variabel) hanya variabel bebas atau variabel bebas+variabel terikat, makasih

      1. Kalau judulnya kaya gini : penerapan metode passibg bawah berpasangan untuk meningkatkan teknik dasar passing bawah pada bola voly.. Itu berapa variabel ya???

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *