cara membuat angket atau kuesioner penelitian

cara membuat angket atau kuesioner penelitianartikel cara membuat angket atau disebut juga kuesioner penelitian ini kami buat khusus untuk anda yang sedang menyusun tugas akhir dan tentu saja dalam tahap akhir proposal penelitian. angket atau kuesioner merupakan instrumen penelitian yang biasa digunakan pada penelitian dengan pendekatan kuantitatif.

kuesioner ini termasuk salah satu sumber data primer yang diambil langsung dari responden di lapangan. bagi orang yang belum pernah melakukan penelitian tentu saja hal ini menjadi sedikit rumit, oleh karena itu kami hadir disini untuk memberikan penjelasan bagaimana cara angket atau kuesioner itu dibuat.

pertama-tama kami ingin menjelaskan bahwa angket atau kuesioner itu dibuat tidak asal-asalan melainkan itu berangkat dari landasan teori yang telah diajukan. pada praktiknya seseorang bisa saja menggunakan angket atau kuesiner orang lain (pada penelitian terdahulu) yang telah melewati proses validasi.

kuesoner penelitian dibuat berdasarkan landasan teori yang telah dibuat sebelumnya dan telah dirangkum dalam sebuah tabel yang biasa disebut dengan “kisi-kisi kuesioner atau angket”. kami akan coba memberikan contoh hal tersebut seperti berikut:

untuk membuat angket berkaitan dengan variabel kepuasan pelanggan (misalnya), maka kuesioner tersebut akan berangkat dari teori kepuasan itu sendiri. pada contoh ini teori kepuasan pelanggan mencakup indikator kehandalan, cepat tanggap, jaminan, empathy, dan tangibles. maka indikator tersebut akan dimasukkan ke dalam tabel kisi-kisi. lihat contohnya pada gambar berikut:

contoh kisi kisi kuesioner atau angket

berdasarkan kisi-kisi yang terdapat pada gambar di atas, maka dapat kami jelaskan bahwa untuk variabel kepuasan pelanggan akan dibuat pertanyaan sebanyak 12 pertanyaan, yang mana pertanyaan untuk no 1 dan 2 berkaitan dengan kehandalan, pertanyaan no 3,4, dan 5 berkaitan dengan cepat tanggap, pertanyaan 6 dan 7 berkaitan dengan jaminan, pertanyaan no 8 dan 9 berkaitan dengan empathy, dan pertanyaan no 10, 11, dan 12 berkaitan dengan Tangibles.

sesuai dengan penjelasan diatas kami akan membuat contoh pertanyaan sesuai dengan ketentuan diatas

  1. prosedur pelayanan konsumen tepat
  2. karyawan dapat menyelesaikan masalah konsumen
  3. karyawan cepat tanggap dalam melayani konsumen
  4. informasi yang diberikan karyawan jelas dan mudah dimengerti
  5. konsumen dibantu dengan cepat ketika mengalami masalah
  6. silahkan diteruskan…………..

 

sekian artikel cara membuat angket ataupun kuesioner ini kami buat,semoga bermanfaat untuk kita semua. jika anda adalah orang yang telah selesai melakukan penelitian, mungkin artikel kami yang lain tentang cara input data ke excel bisa bermanfaat.

One thought on “cara membuat angket atau kuesioner penelitian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *