Cara membuat google form untuk penelitian

Berbicara mengenai cara membuat google form untuk penelitian, maka hal ini akan berkaitan dengan instrumen penelitian, lebih tepatnya kuesioner yang akan digunakan untuk sebuah penelitian. Google form atau sering dikenal dengan nama formulir google adalah sebuah alat atau media yang bisa digunakan untuk mengumpulkan data, salah satunya sebagai alat survey yang bisa dimanfaatkan oleh seorang peneliti. google form merupakan bagian dari google drive yang artinya apabila anda ingin membuat google form maka diharuskan memiliki akun google terlebih dahulu. lalu bagaimana cara membuat google form tersebut? simak terus tulisan kami.

Apa syarat utama ketika ingin membuat google form?

Syarat utamanya adalah anda harus memiliki akun email pada google yaitu gmail. jika anda belum punya silahkan mendaftar di gmail. bagi anda yang sudah punya email silahkan buka google.com pada tab browser anda dan klik tombol masuk, lihat gambar berikut:

Cara membuat google form untuk penelitian

setelah itu akan muncul jendela baru, maka silahkan masukkan email dan password anda,

email masuk google form

selanjutnya masukkan passwordnya,

password masuk google form

setelah login di akun google, maka halaman google akan muncul kembali seperti gambar pertama di atas, namun sudah login pengguna yaitu anda. selanjutnya klik kotak-kotak yang ada disamping kanan atas dan silahkan pilih google drive.

masuk ke google drive

selanjutnya anda akan dibawa ke halaman google drive untuk membuat form googlenya. setelah itu anda bisa klik menu “My Drive” kemudian temukan form google disitu (pada contoh ini kami akan menggunakan blank form).

google form pada my drive

Akan muncul jendela baru, seperti gambar berikut:

jendela baru google form

sampai pada tahap ini, telah masuk pada google form, langkah selanjutnya adalah mengisi form tersebut. lihat gambar dan keterangannya.

keterangan google form

keterangan gambar:

1  Untitled form, silahkan isi judul form sesuai dengan kebutuhan

2  Form description, silahkan diisi dengan deskripsinya

3  Multiple choice, pilihan alternatif jawaban (pada contoh ini kami menggunakan linear scale (silahkan pilih tanda panah yang ada disampingnya))

4  Untitled question, silahkan diketik pertanyaan penelitannya

selanjutnya form tersebut akan menjadi seperti ini

pengisian google form

Untuk menambahkan jumlah pertanyaan, silahkan pilih tanda seperti gambar berikut

menambah pertanyaan pada google form

maka jumlah pertanyaan akan bertambah, selanjutnya silahkan diisi pertanyaan tersebut.

penambahan pertanyaan google form

apabila semua pertanyaan sudah di input, maka untuk menyimpan silahkan pilih menu “required”, perhatikan gambar

cara menyimpan google form

Sampai pada tahap ini, form sudah selesai dibuat, untuk melihatnya silahkan di close tab tersebut dan kembali pada halaman home pada google drive (jangan lupa di refresh terlebih dahulu)

hasil akhir google form

Oke sob, sampai disini cara membuat google form sudah selesai. untuk cara mengirim form yang telah dibuat tersebut ke web atau media sosial akan kami bahas pada artikel selanjutnya, tunggu ya…:). sekedar informasi, jika nanti data sudah terkumpul dan hendak di analisis dengan SPSS, maka dapat menghubungi kami di 08 duabelas 4306 kosong 77, karena kami melayani jasa olah data SPSS. sekian saja terimakasih.

(Visited 2 times, 1 visits today)

One thought on “Cara membuat google form untuk penelitian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *