cara menentukan jumlah sampel penelitian

selamat siang broder en sister,,semoga kita selalu dalam lindungan-Nya..aamiin. pada kesempatan kali kami akan mengemukakan sebuah artikel bagian metode penelitian yaitu tentang bagaimana cara menentukan ukuran atau jumlah sampel pada penelitian. oiya, sebelumnya kami juga sudah mengemukakan salah satu cara menentukan jumlah sampelnya dengan rumus slovin,,. selanjutnya pada artikel ini kami akan menjelaskan menggunakan cara yang berbeda. cara tersebut adalah sebagai berikut:

metode yang dikembangkan oleh Isaac dan Michael:

untuk menentukan jumlah sampel penelitian, Issac dan Michael mengembangkan sebuat metode yaitu berupa penggunaan rumus berikutm;

rumus-isaac-dan-michael

hasil perhitungannya disajikan dalam bentuk tabel (silahkan lihat dalam buku Prof Sugiyono dengan judul metode penelitian bisnis, cet ke-15 oktober 2010, halaman 126)

metode sampel menurut Prof Dr Nana Syaodi Sukmadinata

dala bukunya “metode penelitian pendidikan cet 10 2015 halaman 260-261” beliau menyatakan bahwa untuk penelitian korelasional, sampel sebanyak 30 dipandang sudah cukup besar, untuk kausal komparatif dan eksperimental 15 setiap kelompok, untuk penelitian survey 100 cukup memadai sedang untuk kelompok sampel 20-50.

Metode sampel menurut Zainudin M (1998) adalah sebagai berikut:

metode-sampel-menurut-zainudindimana:

n = jumlah sampel

N = Jumlah populasi

d = tingkat kesalahan (5%)

beberapa metode di atas dapat diterapkan dalam menentukan jumlah sampel penelitian yang akan dilakukan. adapun sebenarnya masih ada beberapa metode lain yang dapat digunakan, semoga di lain kesempatan kami bisa share kembali kepada kawan-kawan semua. demikian saja yang bisa kami bagikan pada kesempatan ini semoga bermanfaat..

 

One thought on “cara menentukan jumlah sampel penelitian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *