Contoh kuesioner penelitian

Contoh kuesioner penelitiananda sedang mencari contoh kuesioner penelitian? jika iya, maka anda datang pada tempat yang tepat. pada kesempatan kali ini kami akan membuat postingan beberapa contoh kuesioner atau contoh angket penelitian yang dapat dijadikan acuan dalam riset anda. sekilas akan kami jelaskan bahwa kuesioner memiliki beberapa jenis yang umum ditemui di lapangan, yaitu kuesioner terbuka dan kuesioner tertutup.

kuesioner atau angket penelitian terbuka berisi pertanyaan yang sifatnya terbuka, artinya angket yang dibuat sederhana dan memuat pertanyaan-pertanyaan yang jawabannya bisa diisi sesuai dengan keinginan atau keadaan dari responden yang mengisinya. sementara kuesioner tertutup berisi pertanyaan-pertanyaan penelitian yang sekaligus sudah tersedia jawaban yang harus dipilih oleh responden, responden tinggal memilih salah satu jawaban tersebut. umumnya angket tertutup dijawab dengan tanda silang atau checklist.

sejauh pengalaman kami, kuesioner atau angket ini banyak digunakan untuk penelitian kuantitatif (umumnya menggunakan kuesioner tertutup). hal ini diperlukan sebagai alat pengumpulan data untuk di analisis secara statistik. salah satu alat statistik yang banyak digunakan adalah SPSS. anda dapat melihat contohnya pada artikel kami tentang cara input data ke dalam SPSS. terkait penelitian kualitatif, kuesioner yang digunakan biasanya jenis terbuka. oke sob, mari kita lihat contoh kuesioner atau angket penelitian tersebut:

kuesioner penelitian terbuka dapat dilihat pada gambar berikut:

contoh kuesioner penelitian terbuka

contoh kuesioner penelitian jenis tertutup dapat juga dilihat pada gambar dibawah ini:

contoh kuesioner penelitian tertutup

contoh kuesioner tertutup di atas menggunakan skala likert. apabila anda belum mengetahui apa itu skala likert, maka anda bisa membacanya pada artikel kami tengtang likert disini.

kami berharap setelah anda melihat dua contoh di atas, maka anda sudah memahaminya. perlu juga kami sampaikan bahwa dalam sebuah penelitian, kita sebagai peneliti diperbolehkan menggunakan kuesioner atau angket yang sudah dibuat oleh orang lain sebelumnya (tentu saja penelitiannya dengan topik dan pembahasan yang sama), selain itu kita juga diperbolehkan untuk membuatnya secara mandiri. jika anda termasuk orang yang akan membuat angket secara mandiri, maka sebagai bahan dasar anda dapat mempelajari artikel kami mengenai cara membuat angket atau kuesioner penelitian disini.

oke sob. itulah beberapa hal yang bisa kami sampaikan terkait contoh kuesioner penelitian yang biasanya digunakan dalam penelitian. jika ada kesalahan maka silahkan koreksi kami, sebab kami juga manusia yang tak luput dari salah. sekian terimakasih dan selamat memperjuangkan semester akhir. semangat

 

(Visited 6,564 times, 23 visits today)

One thought on “Contoh kuesioner penelitian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *