data dan beberapa jenisnya dalam penelitian

data dan beberapa jenisnya dalam penelitianartikel data dan beberapa jenisnya dalam penelitian ini saya buat untuk menjawab pertanyaan dari beberapa mahasiswi kepada saya terkait dengan penelitian yang dilakukannya. singkat cerita, melalui channel youtube saya, mereka menemui kontak dan mnghubungi saya, karena ternyata lokasi yang berdekatan akhirnya kami bertemu untuk sekedar share, salah satu pertanyaan yang diajukan dan akan dibahas kali ini adalah tentang jenis data dalam sebuah penelitian (pertanyaannya seputar data nominal, ordinal, interval atau rasio).

pertanyaan tersebut saya coba jelaskan satu-persatu melalui ilustrasi berikut:

Pertama, data itu terbagi ke dalam beberapa jenis tergantung diri sudut pendang mana, misalnya dari sudut pandang data berdasarkan sumbernya maka jenis data terbagi dua, yaitu data primer dan data sekunder, dilihat berdasarkan sifatnya data dibagi menjadi dua, yaitu data kualitatif dan data kuantitatif dan berdasarkan type skala pengukuran data dibagi menjadi empat, yaitu data nominal, ordinal, interval, dan rasio

Keduadari pertanyaan mereka, saya mengklasifikasikan bahwa data yang mereka maksud adalah data berdasarkan skala pengukurannya, karena tampaknya mereka belum puas dengan jawaban singkat di atas maka saya coba berikan ilustrasi lagi:

Data nominal adalah data yang dikelompokkan berdasarkan kategori tertentu, sering juga disebut dengan kategori. data nominal dapat dinyatakan dalam bentuk angka, tetapi angka tersebut tidak memiliki makna matematis dan juga tidak dapat dilakukan operasi matematika seperti penjumlahan, perkalian, pembagian atau pengurangan. contoh data nominal adalah data “Jenis Kelamin”.

Jenis Kelamin:

  1. Laki-laki
  2. Perempuan

angka 1 dan 2 di atas hanya simbol saja dan tidak bermakna kalau 2 lebih besar diari 1 atau perempuan lebih besar dari laki-laki.

Data ordinal, merupakan data yang berbentuk kategori namun sudah disusun berdasarkan jenjang atau tingkatan. tingkatan tersebut dapat diurutkan dari yang terendah ke yang tertinggi atau sebaliknya dengan catatan jarak atau rentang data tidak harus sama. jenis data ordinal juga tidak dapat dilakukan fungsi matematika seperti data nominal diatas namun dapat berfungsi sebagai pembanding ( lebih besar (>) atau lebih kecil (<) ). contohnya adalah data tentang “Tingkat Pendidikan”.

Tingkat Pendidikan:

  1. SD
  2. SMP
  3. SMA
  4. Diploma
  5. Sarjana

data di atas menunjukkan bahwa SMP lebih tinggi dibandingkan SD, dan SMA lebih tinggi dibandingkan SMP,,,dst..

Data Interval, adalah data yang dapat diurutkan dengan kriteria tertentu. jarak atau interval antar data adalah sama. data interval dapat dilakukan fungsi matematika namun tidak memiliki nilai nol (0) mutlak. contoh nya adalah sebagai berikut:

Penghasilan Perbulan

  1. 1 juta – 2 juta
  2. 2 juta – 3 juta
  3. 3 juta – 4 juta
  4. 4 juta – 5 juta

data diatas menunjukkan jarak atau interval yang sama, contoh lain adalah:

skor 1 sangat tidak setuju

skor 2 tidak setuju

skor 3 netral

skor 4 setuju

skor 5 sangat setuju

Data rasio, merupakan data dalam bentuk angka yang memiliki arti data yang sesungguhnya. data rasio memiliki angka nol (0) mutlak dan dapat dilakukan fungsi matematika (+ X / – ). contoh data rasio dapat berupa “tinggi badan, berat badang, panjang suatu benda, nilai ujian, penjualan, dsb)

Nah, setelah saya jelaskan rincian di atas, mereka langsung menjawab: berarti data kami jenisnya ordinal mas?, lalu saya jawab: yaps benar…

 

demikianlah postingan data dan berbagai  jenisnya yang bisa saya sampaikan dengan “model curhat” ini, semoga membantu..lihat juga postingan sebelumnya tentang angket.

 

One thought on “data dan beberapa jenisnya dalam penelitian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *