Data primer dan sekunder

Dipagi yang cerah ini kami ingin membagikan sebuah artikel mengenai data primer dan data sekunder. penjelasannya akan dimulai dari definisi, perbedaan data primer dan sekunder, serta contohnya. pertama-tama kami doakan semoga sobat sekalian dalam keadaan sehat dan diberikan kelancaran dalam setiap ikhtiarnya, khususnya dalam menyusun tugas akhir menjelang kelulusan, aamiin. berangkat dari beberapa pertanyaan yang sampai kepada kami menjadi alasan artikel ini dibuat. kami harapkan semoga ini bermanfaat kepada kita semua. Oh iya, untuk sekedar menambah referensi, sobat sekalian bisa juga membaca artikel kami sebelumnya mengenai cara membuat google form untuk penelitian.

Data primer dan sekunder

Mari kita awali pembahasan ini mengenai difinisi data penelitian, data penelitian menurut Arikunto (2002) segala sesuatu fakta dan angka atau dalam makna yang lebih luas, sekumpulan informasi yang dapat digunakan atau dapat di olah atau di analisis. data penelitian memiliki beberapa jenis, nah data primer dan data sekunder ini adalah jenis data penelitian berdasarkan sumber, jenis lain adalah berdasarkan sifatnya yaitu data kuantitatif dan kualitatif, dan lain sebagainya. nah kali ini kita fokus saja pada jenis data berdasarkan sumbernya yaitu primer dan sekunder.

Data primer yang dijelaskan dalam bukunya Hermawan (2005) dijelaskan bahwa data ini dikumpulkan secara langsung oleh yang bersangkutan (peneliti) yang digunakan untuk mengumpulkan informasi dalam menjawab masalah penelitian atau tujuan penelitian. contoh data primer adalah hasil survey atau observasi, data primer yang sering kita temui di lapangan adalah data yang dikumpulkan dari kuesioner.

Data sekunder merupakan data yang didapatkan dari sumber yang sudah ada yaitu data dari dalam perusahaan dan dari luar perusahaan. data dari dalam perusahaan bisa diambil dari file perusahaan, data biaya, intranet dan lain sebagainya, sedangkan data dari luar perusahaan diambil dari internet, perpustakaan, organisasi dan lain sebagainya. salah satu contoh data sekunder yang sering kita temui dalam sebuah penelitian adalah laporan keuangan.

Dari beberapa penjelasan diatas maka dapat dilihat perbedaan data primer dan sekunder, yang mana data primer merupakan data yang didapatkan secara langsung di lapangan sementara data sekunder merupakan data yang didapatkan dari pihak lain seperti website dan perpustakaan. Nah, kami kira penjelasan ini sudah cukup jelas ya, jika kawan-kawan masih ragu silahkan berkomentar di web ini, Insya allah akan kami jawab semampu yang kami bisa, atau jika kawan-kawan membutuhkan jasa olah data (baik primer atau sekunder) dengan SPSS, maka bisa menghubungi kami melalui kontak yang sudah disediakan pada website ini. terimakasih sob, Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. salam semangat.

(Visited 1 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *