jenis-jenis penelitian

jenis jenis penelitianartikel jenis-jenis penelitian yang akan dijabarkan dibawah ini termasuk dalam kategori motode penelitian. jenis penelitian dapat dibedakan menjadi beberapa kelompok, secara garis besar dibagi menjadi dua kelompok, yaitu jenis survey atau metode penelitian survey dan studi eksperimental (Budiharto, 2008: 29).

metode penelitian survey terdiri dari exploratory study (survey deskriptif) dan explonatory study (survey analitik) sedangkan studi eksperimental terdiri dari quasi eksperimental (eksperimental semu) dan true eksperimental (eksperimental murni).

survey deskriptif diarahkan untuk menguraikan atau menjelaskan suatu keadaan dalam komunitas atau dalam masyarakat yang mana memiliki urutan langkah-langkahnya yang terdiri dari

  1. memilih masalah penelitian
  2. perumusan dan membuat batasan masalah yang akan diteliti
  3. perumusan dan pemilihan alat ukur serta teknik pengumpulan data
  4. menentukan kriteria atau kategori untuk klasifikasi data
  5. diadakan suatu kalibrasi agar terhindar dari kebiasan antar peneliti serta dilakukan uji coba alat ukur dan keabsahan alat ukurnya
  6. pelaksanaan pengumpulan data
  7. pengolahan dan penganalisisan data
  8. kesimpulan dan dijelaskan hasil penelitian dalam sebuah laporan penelitian

survey analitik diarahkan untuk menjawab pertanyaan bagaimana atau kenapa, atau menjelaskan bagaimana suatau keadaan atau mengapanya. survey analitik terdiri dari:

  1. penelitian cross sectional studi atau penelitian potong-lintang
  2. penelitian kasus kontrol
  3. penelitian kohort

jenis penelitian eksperimental memiliki tujuan untuk mengungkapkan pengaruh atau suatu gejala yang timbul diakibatkan manipulasi tertentu dengan ciri khusus melakukan percobaan. menurut Emzir (2008: 96-103) jenis-jenis penelitian eksperimental dibagi menjadi 4 jenis yaitu pre eksperimental design, factorial design, quasy eksperimental, dan true eksperimental.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *