Jenis Penelitian Kuantitatif

Jenis Penelitian KuantitatifSiang sob,,pada kesempatan ini akan kami paparkan berbagai jenis dari penelitian kuantitatif. sebenarnya sedikit gambaran sudah pernah kami ulas pada postingan sebelumnya mengenai metode penelitian kuantitatif. mengingat penelitian kuantitatif maka sebenarnya kita tidak bisa terlepas dari statistika yang mana berperan dalam membantu menemukan hasil perhitungan guna mengambil kesimpulan penelitian.

jenis jenis penelitian kuantitatif terbagi menjadi beberapa bagian. sebelum menjelaskan hal itu maka akan kami uraikan terlebih dahulu karakteristik penelitian kuantitatif menurut Bums dan Grove 1994, diantara:

1 analisis statistik

2 generalisasi

3 angka merupakan elemen dasar analisis

4 objektif

5 dan lain sebagainya

selanjutnya bagian dari jenis penelitian kuantitatif adalah sebagai berikut:

PENELITIAN DESKRIPTIF, merupakan penelitian yang mengungkap fenomena dan disajikan tanpa harus ada tindakan ataupun pengontrolan.

PENELITIAN KOMPARATIF, yaitu penelitian yang digunakan untuk menguji perbedaan-perbedaan antara dua kelompok atau lebih.

PENELITIAN KAUSAL KOMPARATIF, digunakan untuk menentukan penyebab dari perbedaan yang terjadi pada suatu kelompok yang diteliti.

PENELITIAN KORELASIONAL, adalah sebuah penelitian yang digunakan untuk mengetahui hubungan suatu variabel dengan variabel lain.

PENELITIAN EKSPERIMEN, suatu penelitian yang dilakukan yang bersifat menguji sesuatu (biasa dilakukan di laboratorium).

PENELITIAN SURVEY, yaitu penelitian yang dilakukan oleh seorang peneliti guna mengumpulkan informasi yang biasanya menjawab pertanyaang tentang apa, bagaimana dan berapa (bukan mengapa).

 

One thought on “Jenis Penelitian Kuantitatif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *