kuesioner penelitian dengan skala Guttman

kuesioner sebagai salah satu instrumen yang digunakan untuk mengumpulan informasi/data penelitian memiliki berbagai macam skala pengukurannya. adapun yang pernah kami bahas sebelumnya adalah tentang skala likert, namun pada kesempatan kali ini kami akan melanjutkan pada pembahasan kuesioner yang menggunakan skala Guttman.

kuesioner-penelitian-dengan-skala-guttman

Skala Guttman adalah skala pengukuran yang membutuhkan jawab tegas dari respondennya, seperti jawaban “iya” atau “tidak, “benar” atau “salah”, “pernah” atau “tidak pernah” dan lain sebagainya. jawaban tersebut diajukan untuk mendapatkan jawaban yang tegas oleh peneliti terkait permasalahan yang ditanyakan.

agar mempermudah dalam pemahaman, maka kami akan memberikan contoh penggunaan kuesioner skala Guttman sebagaimana berikut:

Contoh skala Guttman

1 apakah anda yakin apabila manajer perusahaan diganti maka lingkungan kerja akan menjadi lebih baik?

a Yakin

b Tidak Yakin

2 apakah anda susah tidur siang?

a iya

b tidak

dua contoh di atas menunjukkan ketegasan jawaban yang diberikan oleh responden. maka selanjutnya, untuk kebutuhan analisis data secara statistik dibutuhkan pemberian skor kepada jawaban tersebut, yang mana skor untuk jawaban yang mendukung atau jawaban positif (yakin dan ya) diberi skor 1 , dan skor untuk jawaban yang tidak mendukung atau jawaban negatif (tidak yakin dan tidak) diberi skor 0.

demikian yang bisa kami sampaikan terkait skala Guttman, semoga artikel singkat ini dapat membantu rekan-rekan semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *