Langkah-langkah metode ilmiah

Siang Sob, kembali lagi bersama kami dalam artikel langkah-langkah metode ilmiah ini. pada kesempatan ini kami akan memberikan ulasan tentang metode ilmiah yang akan dimulai dari definisi sampai langkah-langkahnya (akan kami jabarkan) secara detail. bagi kawan-kawan yang sedang membutuhkan informasi ini, kiranya sudah tepat untuk datang ke blog kami ini. blog ini kami khususkan mengulas berbagai materi mengenai penelitian ilmiah hingga pada cara penggunaan software (khusunya SPSS) dalam rangka menunjang penelitian ilmiah yang akan dilakukan.

Langkah-langkah metode ilmiah

PENELITIAN! tentunya kata ini tidak asing lagi di telinga kita sebagai seorang peserta didik ataupun pengajar, bahkan kami sebagai praktisi. penelitian sebagai suatu kesatuan proses ilmiah menjadi penting agar mampu menjawab berbagai kebutuhan  atau permasalahan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat, sehingga pada akhirnya hasil-hasil temuan penelitian mampu memberikan kontribusinya terhadap perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan. penelitian ilmiah tersebut tentu tidak bisa dilakukan secara asal-asalan saja namun harus sesuai dengan kaidah yang berlaku yang disebut dengan metode ilmiah.

metode ilmiah merupakan suatu metode atau proses keilmuan yang terikat dengan langkah-langkah ilmiah yang rasional dan bersifat kritis, logis, obyektif, konseptual dan empiris sehingga diperoleh pengetahuan yang sistematis. apa saja langkah-langkah ilmiah tersebut? mari simak ulasan berikut ini.

Langkah-langkahnya terdiri dari merumuskan masalah, menyusun kerangka teori, membuat hipotesis, menetapkan variabel, mengumpulkan data, mengolah dan menganalisis data dan membuat kesimpulan. adapun dibawah ini akan kami jelaskan lebih rinci.

MERUMUSKAN MASALAH

rumusan masalah merupakan bagian yang penting dalam sebuah penelitian ilmiah yang dapat disusun dalam bentuk kalimat pertanyaan. pembahasan yang lengkap mengenai hal ini sudah kami rangkum pada artikel kami sebelumnya yang berjudul rumusan masalah.

KERANGKA TEORI

kerangka teori merupakan susunan teori yang dibuat secara sistematis yang berkaitan dengan penelitian dari seorang peneliti yang digunakan untuk mendukung permasalahan penelitian.

HIPOTESIS

setelah kerangka teori dibuat maka tahap selanjutnya adalah membuat hipotesis yaitu jawaban sementara yang didapatkan dari permasalahan penelitian yang membutuhkan pembuktian secara empiris. selengkapnya mengenai hipotesis dapat dibaca pada artikel kami mengenai cara membuat hipotesis penelitian.

VARIABEL

variabel merupakan objek dari suatu penelitian atau disebut juga fokus penelitian. variabel yang sering kita kenal dalam penelitian adalah variabel bebas (independen), variabel terikat (dependen), variabel moderasi, variabel intervening. silahkan baca artikel kami mengenai variabel dependen dan independen, variabel intervening, variabel penelitian.

MENGUMPULKAN DATA

data diperlukan oleh seorang peneliti untuk menjawab permasalahan penelitian. pengumpulan data bisa dilakukan melalui berbagai alat, seperti kuesioner, wawancara, dan data sekunder seperti laporan keuangan, buku, dan lainnya.

ANALISIS DATA

Analisis data ini merupakan tahap yang penting yang harus dilalui oleh seorang peneliti karena pada tahap ini semua permasalahan penelitian harus di analisis secara mendalam. analisis data sangat berkaitan dengan penelitian yang dilakukan apakah penelitian kuantitatif atau penelitian kualitatif. guna menentukan alat analisis data apa yang akan dilakukan sangat berkaitan erat dengan beberapa hal berikut:

1  Rumusan masalah

2  Hipotesis

3 jenis data yang digunakan

KESIMPULAN

Kesimpulan adalah hasil akhir dari sebuah penelitian, apakah permasalahan penelitian yang telah dikemukakan dapat dijawab atau tidak.

penjelasan beberapa langkah metode ilmiah di atas diharapkan dapat membantu kawan-kawan sekalian. dari beberapa poin di atas, masih banyak kami temukan kawan-kawan yang masih bingung pada saat analisis data (baik dalam menentukan alat analisis ataupun dalam melakukan analisisnya) maka dari itu kami sampaikan, jikalau kawan-kawan mengalami kesulitan pada analisis datanya menggunakan software SPSS maka kami membuka layanan jasa olah data, silahkan hubungi kami di WA 0812 empat tiga kosong enam 077. terimakasih

(Visited 19 times, 1 visits today)

One thought on “Langkah-langkah metode ilmiah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *