Mengenal Metode Penelitian Lebih Dekat

Mengenal Metode Penelitian Lebih DekatDi siang hari yang terik ini kami mengajak rekan-rekan semua untuk mengenal metode penelitian secara lebih dekat, artinya kita akan mengulas metopen secara rinci yang biasanya tertuang pada BAB III di sebuah penelitiaan (umumnya). beberapa artikel kami belakangan ini memang agak fokus pada metode penelitian, karena beberapa klien yang sering bertanya cenderung kurang paham pada dasar yang digunakan saat mengerjakan analisis data dan pembahasan, artikel kami sebelumnya mencoba membahas mengenai kuesioner penelitian. oiya,, agar tidak melebar kemana-mana, maka kami akan fokuskan pada hal-hal berikut (poin dalam metode penelitian).

Poin pertama, Desain Penelitian

pada poin ini dijelaskan desain yang akan digunakan oleh seorang peneliti, misalnya penelitan menggunakan desain eksperimental, komparatif, dan lain sebagainya.

Poin Kedua, Lokasi dan Waktu Penelitian

seorang peneliti hendaknya menjelaskan secara singkat, jelas dan padat dimana, kapan (waktu) penelitian itu akan dilakukan. beberapa penelitian bahkan diharuskan menggunakan map.

Poin Ketiga, Populasi dan Sampel Penelitian

populasi dan sampel penelitian harus dijelaskan secara detail. terkait populasi, dijelaskan siapa saja populasi yang akan digunakan dalam sebuah penelitian. selanjutnya terkait sampel, dijelaskan juga siapa sampel yang akan dijadikan responden penelitian, mulai dari cara menentukan sampel/metode sampel (misal insidental atau random) , dan cara menentukan jumlah sampel (misal menggunakan rumus slovin).

Poin Keempat, Definisi Operasional Variabel

setelah populasi dan sapel sudah jelas, maka diperlukan juga penjelasan mengenai variabel-variabel penelitian yang akan digunakan. beberapa orang membuatnya dalam bentuk tabel yang terdiri dari kolom variabel, sub variabel, indikator, dan skala  pengukuran, namun ada juga yang menjelaskan dalam bentuk paragraf seperti pada umumnya.

Poin Kelima, Data dan Sumber Data

disini dijelaskan data yang akan digunakan, apakah data primer yang langsung dari responden ataukah data sekunder.

Poin Keenam, Metode Pengumpulan Data

pada poin ini hendaknya dijelaskan metode pengumpulan data, apakah menggunakan kuesioner atau yang lain. kuesionernya juga harus jelas, apakah terbuka atau tertutup, selanjutnya juga dijelaskan skalanya (likert atau Guttman, dan lain-lain).

Apabila menggunakan kuesioner, maka perlu dijelaskan uji validitas dan reliabilitasnya. hal ini dianggap penting karena instrumen penelitian yang baik adalah yang valid dan reliabel.

Poin Ketujuh, Metode Analisis Data

Nah,, disini banyak sekali klien-klien kami yang agak kebingungan dalam memilih metode analisis datanya, karena mereka cenderung tidak tahu alasan-alasan yang digunakan untuk memilih metode analisis datanya. maka dari itu kami akan mencoba memberikan beberapa poin penting, yaitu:

1 kenali jenis datanya (rasio, nominal, interval, atau ordinal)

contoh kasus:

seorang peneliti ingin meneliti pengaruh harga terhadap kepuasan pelanggan“.

Apabila data variabel harga dan kepuasan (data rasio) maka bisa digunakan uji regresi linier sederhana.

apabila data variabel harga (rasio) dan kepuasan (nominan/kategori) maka bisa digunakan regresi logistik

apabila data variabel Harga (nominal/kategorik) dan kepuasan (rasio) maka bisa digunakan regresi dummy

(referensi V Wiratna Sujarweni, 2008, hal. 155-169)

2 kenali sebaran data (jika data sudah terkumpul)

jika data menyebar atau sebaran data tidak normal, maka bisa menggunakan statistik non parametrik, namun jika data berdistribusi normal maka bisa menggunakan statistik parametrik.

Oke sob,,urutan dari metode penelitian di atas adalah yang banyak saya temui. tentu saja itu tidak bisa dijadikan patokan mutlak karena setiap kampus biasanya memiliki panduan masing-masing. tapi gak jauh-jauh amat lah bedanya (pengalaman sudah melihat bab metopen lebih dari 20 kampus). okkelah kalau begitu sob, untuk kali ini hanya itu yang bisa kami sampaikan mengenai metode penelitian. Insya Allah kedepannya kami akan mengulas tentang metode penelitian kuantitatif dan kualitatif secara terpisah. selamat berjuang di semester akhir :) .

 

One thought on “Mengenal Metode Penelitian Lebih Dekat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *