Penelitian Korelasional

penelitian korelasionalPenelitian korelasional itu apa dan bagaimana. inilah topik yang akan kita bahas pada siang hari ini. jenis penelitian korelasional secara singkat sudah kami singgung pada postingan sebelumnya mengenai jenis penelitian kuantitatif, silahkan dilihat dulu. namun pada kesempatan kali ini akan kita bahas lebih dalam tentang apa dan bagaimana penelitian tersebut.

secara definisi, dalam bukunya Nursalam (2008, h.82) dijelaskan bahwa penelitian korelasional adalah penelitian yang mengkaji hubungan antar variabel dimana variabel yang dikaji dapat diukur secara serentak dan tujuanya adalah untuk mengungkapkan hubungan korelatif antar variabel. selanjutnya Maturidi (2014, h. 26) menekankan bahwa penelitian korelasional tidak dapat menjelaskan sebab akibat. contohnya adalah hasil penelitian yang menunjukkan terdapat hubungan yang kuat antara kepuasan kerja dengan kinerja, maka tidak bisa diambil kesimpulan bahwa kepuasan kerja yang menyebabkan terjadinya kinerja yang baik.

metode penelitian kuantitatif

pengambilan sampel secara acak

 

selanjutnya akan kami berikan contoh judul peneltian korelasional sebagaimana berikut ini:

1 Analisis hubungan antara intelegensi mahasiswa dengan hasil belajar

2 Hubungan antara tinggi badan dengan berat badan

3 Analisis hubungan karakteristik suatu produk dengan persepsi konsumen terhadap kualitas

4 Hubungan antara HB ibu h4mil dengan berat badan bayi

5. dan lain-lain

apapun jenis penelitiannya, maka pada akhirnya akan bermuara juga pada analisis data yang akan digunakan, maka dari itu akan dijelaskan juga mengenai penelitian korelasional dan kaitannya dengan analisis data. beberpa analisis data yang dapat digunakan untuk mengetahui hubungan antar variabel adalah sebagai berikut:

  1. analisis korelasi koefisien Cramer atau chi square (kai kuadrat) jika menggunakan jenis data nominal
  2. analisis korelasi Kendall jika menggunakan jenis data ordinal
  3. analisis data Pearson jika menggunakan data Rasio

menurut hemat kami, beberapa poin di atas termasuk penting dan perlu dipahami ketika seorang peneliti hendak melakukan penelitian korelasional, guna menambah wawasan silahkan dibaca lebih lanjut buku-buku metode penelitian, adapun kami hanya memberikan informasi yang mana masih terbatas. kami harap artikel ini bermanfaat untuk kita semua. Aamiin

Nursalam, 2008. Konsep dan Penerapan metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan; Pedoman skripsi, tesis, dan instrumen penelitian Keperawatan, Jakarta: Penerbit Salemba medika

Maturidi, Ade Djohar, 2014, metode Penelitian Teknik Informatika, Yogyakarta: Deepublish

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *