pengambilan sampel secara acak atau random

penelitian dengan pengambilan sampel secara acak atau sering disebut juga dengan simple random sampling ini sering sekali kita jumpai, tentu saja cara ini sangat berkaitan dengan berapa jumlah sampel yang dibutuhkan. jika kawan-kawan ingin mengetahui cara menentukan jumlah sampel, maka dapat dilihat pada artikel berikut “menentukan jumlah sampel“.

pengambilan sampel secara acak atau random memiliki beberapa kelebihan dan beberapa kelemahan, pada artikel ini kami akan menjelaskan hal tersebut, namun sebelumnya kami akan menjelaskan terlebih dahulu apa dan bagaimana sampel acak atau random tersebut.

sampel acak atau sampel random sederhana adalah pengambilan sebuah sampel yang dilakukan dengan cara sedemikian rupa sehingga setiap indipidu yang ada di dalamnya mempunyai kesempatan yang sama untuk dijadikan sampel (probability sampling). cara ini sering dijumpai pada pengambilan sampel pada penelitian dengan jumlah populasi yang tidak terlalu banyak. selanjutnya dalam buku Sugiyono dijelaskan bahwa cara tersebut dilakukan bila anggota populasi dianggap homogen atau relatif homogen.

 

Kelebihan sampel random atau simple random sampling

kelebihannya adalah memiliki ketepatan yang tinggi dan setiap individu di dalamnya mempunya peluang yang sama untuk dijadikan sampel dan dan sampel eror dapat ditentukan secara kuantitatif

kekurangan adalah :

sulit untuk dilaksanakan jika tidak terdapat unit dasar atau populasi yang tersebar sangat luas

selanjutnya akan kami jelaskan teknik pengambilannya sebagai mana berikut:

Jika Populasi Kecil

pertama, buat daftar unit sampel dan diberi nomor urut

kedua, masukkan kedalam kotak dan aduk

ketiga, ambil sesuai dengan jumlah sampel yang telah ditentukan

jika Populasi Besar

pengambilan sampel jika populasi besar dilakukan dengan mengacu kepada tabel bilangan random sampling, tabel ini dapat dilihat dalam buku-buku metopen atau statistik.

demikianlah artikel mengenai pengambilan sampel secara random atau secara acak sederhana yang bisa kami bagikan, semoga bermanfaat.

One thought on “pengambilan sampel secara acak atau random

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *