Pengambilan sampel secara insidental atau kebetulan

metode pengambilan sampel yang akan dibahas kali ini adalah metodel sampling insidental atau pengambilan sampel secara kebetulan. sebagai referensi tambahan kawan-kawan dapat juga membaca artikel kami sebelumnya mengenai random sampling. selanjutnya kami akan memberikan penjelasan tentang apa dan bagaimana sampel insidental tersebut , yaitu sebagai berikut:

Sugiyono dalam bukunya “metode penelitian dan pengembangan” (2015) menjelaskan bahwa sampel insidental atau sampling insidental merupakan sebuah teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel berdasarkan kebetulan, artinya siapapun orangnya yang bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel dengan catatan bahwa peneliti melihat orang tersebut layak digunakan sebagai sumber data.

berdasarkan definisi di atas, dapat dijelaskan bahwa sampling insidental adalah sampel yang diperoleh oleh seorang peneliti secara kebetulan saja tanpa ada perencanaan terlebih dahulu dan peneliti meyakini bahwa orang tersebut layak dijadikan sumber informasi untuk penelitiannya.

pengambilan-sampel-secara-insidental-atau-kebetulan

adapun contoh pengambilannya adalah sebagai berikut:

“Fulan adalah seorang peneliti yang sedang melakukan penelitian tentang kegiatan┬ábelajar siswa/i diluar jam sekolah, maka setiap siswa/i yang bertemu secara kebetulan dengan Fulan bisa dijadikan sampel penelitiannya dengan catatan bahwa fulan yakin siswa/i tersebut layak dijadikan sumber informasi”

kawan-kawan, demikianlah yang dapat kami sampaikan mengenai pengambilan sampel secara kebetulan atau insidental, kami berharap artikel ini dapat membantu. sekian dan salam sukses dari kami, aamiin..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *