Penyebab munculnya simbol huruf a pada hasil uji validitas korelasi pearson

Selamat siang sob, Assalamualaikum Wr Wb, hari ini kembali kami sempatkan membuat sebuah artikel yang mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua, pada kesempatan kali ini kami ingin membagikan kenapa atau apa penyebab munculnya simbol huruf a pada tabel hasil uji validitas korelasi pearson. apabila kita lihat keterangan dari huruf a tersebut dapat dibaca tulisan “Cannot be computed because at least one of the variables is constant” yang artinya “Tidak dapat dihitung karena setidaknya satu variabel konstan (terjemahan google translet)”.

keterangan tersebut menjelaskan bahwa software SPSS tidak bisa melakukan operasi penghitungan dikarenakan ada salah satu variabel (pada contoh ini adalah item pertanyaan) yang nilainya konstan atau sama. untuk memperjelasnya nanti akan kam uraikan beserta gambarnya. sebelum kami uraikan mari kita lihat contoh output yang memuat huruf a tersebut.

Pada gambar di atas ditemukan terdapat 2 item pertanyaan yang hasil uji validitasnya muncul simbol a. hasil di atas adalah pengujian dari kuesioner dengan jumlah pertanyaan sebanyak 5 dan sampel sebanyak 10. selanjutnya mari kita lihat juga data yang digunakan dalam analisis uji validitas korelasi pearson tersebut.

baiklah kawan-kawan, mari kita analisis dua gambar di atas (data dan output spss), untuk mempermudahnya akan kami uraikan berdasarkan poin-poin berikut:

1 seperti yang kami jelaskan di atas bahwa penyebab munculnya huruf a tersebut adalah adanya nilai yang konstan atau sama.

2. pada output di atas dapat dilihat terdapat 2 item yang output atau hasilnya berupa simbol a yaitu item no 1 dan 4 (b1 dan b4)

3. mari kita simak data di atas. jika kita perhatikan data pada gambar di atas dapat kita lihat dengan jelas sekali bahwa item no 1 dan 4 (b1 dan b4) memiliki coding yang sama. item no 1 dapat dilihat bahwa semua responden yaitu 10 responden diberikan coding jawaban 4, begitu juga item no 4 bahwa semua responden diberikan coding jawaban 3.

4. jadi dapat disimpulkan bahwa penyebab munculnya huruf a tersebut adalah adanya item pertanyaan yang dijawab sama oleh seluruh responden.

Sampai disini kami kira kawan-kawan sudah paham apa penyebab munculnya huruf a pada hasil uji validitas di atas. semoga bermanfaat dan apabila kawan2 membutuh kan j asa olah data SPSS bisa menghubungi kami di kontak yang sudah disediakan. terimakasih. Assalamualaikum Wr Wb.

(Visited 351 times, 4 visits today)

2 Comments to “Penyebab munculnya simbol huruf a pada hasil uji validitas korelasi pearson”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *