Rumus koefisien determinasi

Rumus untuk koefisien determinasi yang akan kami jelaskan pada kesempatan kali ini merupakan lanjutan artikel sebelumnya mengenai rumus koefisien korelasi product moment. seperti yang kami sampaikan sebelumnya, bahwa ketika kita menggunakan program komputer SPSS, maka tidak perlu lagi repot-repot untuk menghitung koefisien determinasinya karena sudah otomatis keluar pada outputnya. namun hal ini diperlukan untuk melengkapi bab metodologi penelitian.

koefisien determinasi ini adalah salah satu bagian dari analisis regresi linier berganda ataupun regresi liner sederhana yang mana digunakan untuk mengukur kemampuan variabel independen dalam menjelaskan variabel dependen. dengan kata lain, nilai koefisien determinasi menyatakan proporsi keragaman pada variabel bergantung yang mampu dijelaskan oleh variabel penduganya (Nawari, 2010). koefisien determinasi disimbolkan dengan R square. Oke sob, silahkan di lihat di bawah ini rumus yang digunakan untuk menghitung koefisien determinasi:

Rumus koefisien determinasi

Sumber: Sugiyono dalam Syaibani (2014)

Nilai Koefisien determinasi berikasr antar 0 sampai 1. apabila nilai koefisien determinasi mendekati 1 artinya pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen semakian kuat, dan sebaliknya apabila nilai koefisien determinasi mendekati 0 maka pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen semakin lemah (Nawari, 2010).

hanya  itu yang bisa kami sampaikan mengenai rumus koefisien determinasi. mungkin di lain kesempatan kami dapat membahas lebih dalam lagi mengenai koefisien determinasi ini. jika ada masukan atau pertanyaan silahkan hub kami melalui kontak yang sudah disediakan di web ini (hubungi kami di jam kerja ya!). bagi yang membutuhkan jasa olah data juga bisa menghubungi kami. tks Admin.

Referensi:

Nawari. 2010. Analisis Regresi dengan MS Excel 2007 dan SPSS 17. Jakarta: PT Elex Medi Komputindo

DESTIAN SYAIBANI, .2014. Pengaruh Leverage, Profitabilitas, Ukuran Dewan Komisaris, Ukuran Perusahaan, Dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Pengungkapan Tanggungjawab Sosial Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Ekonomi Unpas

 

(Visited 1,686 times, 36 visits today)

One thought on “Rumus koefisien determinasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *