Rumus standar deviasi

Rumus untuk standar deviasi digunakan untuk mengetahui penyimpangan antara data sampel dengan rata-ratanya. secara definisi, standar diviasi adalah salah satu atau bagian dari analisis statistik yang akan digunakan untuk mengetahui sebaran data yang ada pada data sampel. mencari nilai standar deviasi sangat berhubungan erat dengan nilai varians data. oleh karena itu sebelum mencari nilai tersebut maka diperlukan terlebih dahulu mencari nilai varians nya.

semakin besar nilai standar deviasi yang didapatkan maka menunjukkan semakin besar juga penyimpangannya, sebaliknya semakin kecil nilai standar deviasi maka semakin kecil juga penyimpangannya. nilai rata-rata adalah tolak ukur yang bisa digunakan untuk melihat penyimpangan tersebut. rumus standar deviasi tersebut adalah sebagai berikut:

Rumus standar deviasi

Mari kita perhatikan keterangan dari rumus di atas. rumus untuk standar deviasi di atas adalah akar dari varians data sampel. maka dari itu dapat kami tegaskan bahwa sebelum kita mencari nilai standar deviasi maka wajib terlebih dahulu diketahui nilai varians nya. untuk mempermudah pemahaman kita, mari kita coba lakukan pengujian berdasarkan contoh, simak yuk..

Contoh data yang akan kita gunakan sama dengan contoh data dalam artikel rumus mencari varians (artikel kami sebelumnya). data tersebut sebagai berikut:

Data rumus standar deviasi

Berdasarkan data tersebut di atas di dapatkan nilai varians nya sebesar 57,34  (untuk langkah mencari varians datanya tersebut silahkan lihat artikel rumus varians ini). oke sob. kami harap semuanya lancar sampai disini. setelah didapatkan nilai varians tersebut maka langkah selanjutnya tinggal dimasukkan ke dalam rumus standar deviasinya, sebagaimana berikut ini.

Hasil rumus standar deviasi

Hasil perhitungan nilai standar devisi sesuai rumus di atas didapatkan nilainya sebesar 7,57. nilai tersebut menunjukkan besarnya penyimpangan antara data sampel dengan nilai rata-ratanya. Selesai sob.

Kami kira penjelasan kami ini sudah cukup sebagai referensi untuk kawan-kawan semua. harapan kami artikel mengenai rumus standar deviasi ini bermanfaat untuk kita semua. Aamiin. silahkan koreksi kami jika ada kesalahan pada artikel di atas atau jika kawan-kawan membutuhkan jasa olah data bisa menghubungi kami juga (kami buka layanan hari senin sampai sabtu jam 8 pagi hingga jam 4 sore). salam hormat dari kami, terimakasih. Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *