Rumus varians

Rumus untuk varians sampel ini menjadi penting untuk dipelajari ketika seorang peneliti ingin mengetahui keragaman data atau variasi data. dilihat dari pengertiannya, varians data sampel adalah adanya bias data dari rata-rata sampel yang digunakan. apa dan bagaimana rumusnya? sabar dulu ya! hehe. sebelum kita lanjutkan pada rumus tersebut, kami mengajak kawan-kawan semuanya untuk melihat sebentar mengenai artikel kami yang sebelumnya mengenai rumus koefsien determinasi ini.

Perlu diketahui juga bahwa semakin kecil varians data yang kita miliki, maka artinya data tersebut semakin tidak bervariasi. sebaliknya, semakin besar varians sebuah data, maka semakin bervariasi data tersebut. rumus varians ini akan menjelaskan seperti apa data yang kita punya sehingga dapat membantu kita untuk melakukan analisis selanjutnya. oke sob. mari kita lihat rumus tersebut.

Rumus varians

Keterangan dari rumus varians di atas:

Varians data sample

Gimana sob, bingung dengan penjelasan rumus di atas? untuk mempermudah pemahaman kita, mari dicoba langsung praktek pada data yang sebenarnya. silahkan lihat data yang ada pada tabel berikut ini.

variasi data

Berdasarkan data di atas dapat dijelaskan:

perhitungan rumus varians

Kami harap sobat semua sudah paham dengan hasil di atas. selanjutnya mari kita hitung hasil di atas berdasarkan rumus varians data yang sudah kami tampilkan di awal.

Cara menghitung varians data berdasarkan rumus:

hasil perhitungan rumus varians

Berdasarkan hasil perhitungan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa nilai varians data adalah sebesar 57,34. finished.

KamiĀ berharapĀ sobat-sobat semua sudah paham. semoga artikel mengenai rumus varians data ini bermanfaat untuk kita semua, terkhusus bagi yang sedang mengerjakan tugas akhir. sekedar informasi, kami juga membuka jasa olah data. silahkan kontak kami melalui no hape yang sudah disediakan di menu kontak pada web ini (hubungi kami di jam kerja ya…. :) ). tks, Admin.

 

One thought on “Rumus varians

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *