rumusan masalah

Pagi sobat semua, di hari yang cerah ini marilah kita sejenak mengulas tentang rumusan masalah. rumusan masalah dalam penelitian atau dalam makalah sebenarnya tidaklah berbeda pada prinsipnya. sehingga ketika kita terbiasanya membuat rumusan masalah makalah, maka akan mudah juga ketika membuatnya untuk sebuah penelitian. oiya, untuk kawan-kawan yang sudah memasuki tugas akhir kami ucapkan selamat, point penting yang ingin kami sampaikan adalah tetap semangat mengerjakannya walaupun dalam perjalanan menulisnya mendapatkan berbagai kendalah (terutama rasa malas,,hehehe). menulis sebuah karya ilmiah baik makalah atau penelitian (tugas akhir kuliah) menuntut kita untuk paham dengan apa yang akan kita tulis, maka dari itu kami berharap ulasan artikel mengenai rumusan masalah ini akan membantu (gak bermaksud menggurui loh, hanya berbagai pengalaman saja).

rumusan masalah

menulis rumusan masalah hendaknya didasarkan pada kaidah-kaidah ilmiah sehingga ketika orang lain membaca karya ilmiah kita langsung paham atau mengerti dengan apa yang kita tulis. pada artikel ini kami akan mengulas bagaimana cara menulis rumusan masalah berdasarkan pengalaman dalam membimbing berbagai mahasiswa dari berbagai universitas di tanah air Indonesia yang tercinta ini.

Baca juga: Penelitian Kuantitatif

definisi rumusan masalah

rumusan masalah merupakan sebuah kalimat yang berupa pertanyaan seorang peneliti pada karya ilmiah yang akan ditulisnya. hal ini menjadi sangat penting karena pada hasil akhirnya, semua rumusan tersebut harus terjawab secara ilmiah.

poin-poin dalam rumusan masalah yang baik

  1. masalah yang dikemukakan harus jelas
  2. hendaknya kita punya gambaran bahwa tersedia banyak sumber, sehingga pada prosesnya, rumusan masalah itu didukung oleh banyak sumber yang akan memudahkan kita dalam mengerjakan karya ilmiahnya.

menemukan permasalahan dalam penelitan

beberapa calon klien kami (pengalaman pribadi) sering mengeluhkan sulitnya menemukan permasalahan penelitian sehingga mereka cenderung lambat memulai karya ilmiahnya. maka dari itu, kami akan mencoba memaparkan beberapa sumber masalah penelitian yang bisa dicermati,

pertama, perhatikan adanya penyimpangan antara pengalaman seseorang dengan kondisi terupdatenya, misal, mari kita lihat profesi seorang guru, seorang guru yang terbiasa mengajar dengan metode ceramah, dihadapkan dengan berbagai metode pembelajaran yang saat ini dianggap lebih efisien, sehingga muncul masalah bagi guru tersebut. contoh lain, seorang yang terbiasa mengelola organisasi non komersial dihadapkan dengan jabatan baru mengelola organisasi perusahaan besar tentunya menemukan berbagai masalah.

kedua, perhatikan kesenjangan antara rencana dengan hasil. ketika seseorang mengeluarkan biaya promosi yang signifikan dengan mengharapkan penjualan yang signifikan pula ternyata hasilnya diluar dugaan, sehingga hal ini menjadi masalah yang harus diselesaikan.

ketiga, perhatikan karakteristik personal, misalkan membandingkan gejala sosial berdasarkan jenis klamin, tingkat pendidikan, usia, dan lain sebagainya

keempat, perhatikan kasus-kasus terbaru yang terjadi disekitar kita, misal banyaknya isu penjual bakso yang menjual baksonya menggunakan bahan-bahan yang tidak layak, kemudian cermati respon sosial dari masyarakat (penilain masyarakat)

dan lain sebagainya.

Contoh rumusan masalah

beberapa contoh untuk rumusan masalah dalam peneltian yang baik akan kami paparkan di bawah ini:

  1. bagaimana sikap masyarakat terhadap adanya isu-isu penggunaan bahan-bahan berbahaya pada makanan?
  2. seberapa tinggi kinerja karyawan pada jasa olah dara Panel Consult?
  3. apakah ada perbedaan motivasi belajar siswa menengah umum dan mengengah kejuruan?
  4. adakah hubungan antara pendidikan dengan perilaku membuang sampah?
  5. seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien?
  6. dan lain sebagainya.

dalam contoh di atas, dapat dilihat bahwa kalimat rumusan masalah sering di awali dengan kata bagaimana, seberapa besar/tinggi, apakah, dan adakah. pertanyaan-pertanyaan tersebut akan mewakili apa yang akan di analisis/bahas pada karya ilmiah yang akan dibuat.

Oke sob, kami harap penjelasan mengenai rumusan masalah ini dapat membantu kita semua, aamiin. jika sobat-sobat senang membaca, maka tak ada salahnya juga ikut membaca artikel kami sebelumnya mengenai cara uji homogenitas dengan spss. terimakasih. oiya, kami juga melayani olah data spss, barangkali nanti sobat2 membutuhkan kami, silahkan lihat kontak kami di web ini ya….tks

salam semangat dan sukses untuk kita semua.

(Visited 32 times, 5 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *