Solusi untuk kategori data yang tidak muncul di data view spss

Pagi kawan,,lumayan sering pertanyaan “kok kategori di data view spss nya gak muncul ya kak?” padahal sudah benar mengikuti langkah2 tutorial “input data jenis kategori“. maka dari itu pada pagi menjelang siang ini saya berusaha menyampaikan informasi terkait solusi tersebut. sebelum saya jelaskan apa dan bagaimana solusinya, ada baiknya saya perlihatkan gambarnya seperti berikut:

gambar no 1: tidak muncul pilihan kategori

Solusi untuk kategori data yang tidak muncul

Gambar no 2: seharusnya seperti ini

kategori data yang muncul

Oke sob,,kira-kira seperti itulah gambaran kasus yang beberapa kali dipertanyakan kepada kami. maka dari itu mari kita selesaikan studi kasus ini:

Pertama, kami akan menyampaikan penyebabnya dulu, sebenarnya permasalahan tersebut bukan eror pada spss nya, melainkan ada pengaturan yang harus di atur terlebih dahulu (di beberapa versi spss, menu tersebut sudah di set otomatis sehingga kita tidak perlu lagi repot-repot mengaturnya)

Kedua, penyelesaiannya. jika keadaan tersebut terjadi pada proses pengerjaan olah data kawan-kawan semua, maka yang harus dilakukan adalah langkah-langkah berikut:

1 pilih menu “View” pada spss

menu view pada spss

2 silahkan di centang kotak “Value Labels”

menu value labels pada spss

setelah itu silahkan kembali klik 2x pada kolom “jenis kelamin” maka akan segera muncul pilihan kategori seperti pada contoh gambar no 2 di atas.

kami berharap semoga tulisan tentang permasalahan tidak munculnya pilihan kategori pada spss ini bermanfaat untuk kita semua, Aamiin. salam dan semangat tugas akhir dari kami.

(Visited 1,433 times, 28 visits today)

24 thoughts on “Solusi untuk kategori data yang tidak muncul di data view spss

  1. saya pakek spss 17, trus data sudah saya masukkan di kolom spss. ketika akan proses analyze. di menu analyze tidak keluar menu menu lainnya ya. kenapa seperti itu ya ? Terimakasih

  2. Permisi . Punya saya hasilnya sudah ad namun data codingan nya hilang trus cara untuk nemukan kodingan yg sesuai dengan hasil yang sudah ada itu cra nya gimana ya ?

  3. Saya pake spss 22 tapi kenapa data view hanya muncul tanda ? Dan tidak bisa mengolah data. Kenapa seperti itu.. Terima kasih

    1. pake spss berapa mbak? kalaupun tidak bisa muncul di data view, coba saja perhatikan pada outputnya, jika outputnya mengeluarkan kategori, maka kami kira itu tdk jadi masalah krn yg terpenting adalah outputnya itu

    1. biasanya itu karena kebanyakan angka di belakang koma, untuk mengeceknya klik dua kali aja di tabel itu kemudian di lebarkan kolom tabelnya maka akan kelihatan angka dibelakang koma yang terlalu banyak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *