spss muncul tanda tanya? ini solusinya

saat spss muncul ada tanda tanya (?), maka ada beberapa kemungkinan yang bisa dilakukan. pertanyaan tentang ini beberapa kali ditanyakan oleh klien kami sebelum menggunakan jasa olah data kami. gak tau kenapa kok tiba-tiba ada tanda itu “kata mereka”.  maka dari itu artikel pada kesempatan ini akan kami coba jelaskan.

spss muncul tanda tanya ini solusinya

Pertama, perlu diketahui bahwa solusi yang kami berikan ini hanya berdasarkan pengalaman saja. beberapa tahun yang lalu saat menjalankan program SPSS, kami menemukan kondisi bahwa yang muncul di data view hanya kumpulan tanda tanya (?), maka kami mencoba mengotak-atik dan menemukan jawabannya, pada saat itu kami berpikiran mungkin software SPSS nya bermasalah maka kami coba lakukan uninstal programnya kemudian di instal ulang lagi,, ternyata benar..setelah di instal lagi program SPSSnya, ia kembali berjalan seperti semula.

Kedua, sekitar 1 minggu sebelum artikel ini dibuat kami juga mengalami hal itu lagi. kronologinya begini: 

karena beberapa alasan kami melakukan instal ulang laptop secara keseluruhan. windows yang kami gunakan adalah windows 7 ultimate. pada saat selesai instal ulang kami tidak memiliki serial number untuk mengaktifkan windowsnya, maka kami biarkan saja windowsnya dalam masa trial 30 hari (artinya windows 7 ultimatenya hanya bisa digunakan selama 30 hari jika tidak diaktifkan). selang beberapa hari nampaknya windowsnya sudah bermasalah, nampak layar desktop yang hanya berwarna hitam dan tulisan dari windows yang minta aktivasi, karena kasibukan maka kami biarkan saja hingga akhirnya saat kami menjalankan SPSS muncul kembali tanda tanya (?) itu.

langkah perbaikan yang kami lakukan sama dengan penjelasan yang pertama di atas, namun saat itu tidak berhasil. maka kami berinisiatif untuk melakukan instal ulang lagi lapotpnya secara keseluruhan sampai akhirnya SPSS kembali berjalan normal hingga saat artikel ini dipublikasikan.

dari dua point di atas mengenai munculnya tanda tanya (?) pada SPSS maka ada dua kemungkinan yang bisa dilakukan, yaitu instal ulang program SPSS nya atau instal ulang laptop/komputer secara keseluruhan. sekian dari kami, semoga bermanfaat..

Terimakasih.

Admin.

One thought on “spss muncul tanda tanya? ini solusinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *