SPSS muncul tulisan variable name contains an illegal character

Hei sob, apa anda sedang mengalami kesulitan saat menggunakan spss dengan muculnya peringatan variabel name contains an illegal character? tidak salah lagi, sebab tidak mungkin anda sampai pada artikel kami ini jika sedang tidak berhadapan dengan persoalan itu. Beberapa pertanyaan mengenai itu sering kami temui pada mahasiswa/pelajar yang masih baru mengenal program SPSS ini, sebab masih banyak yang belum mereka tahu, dan menurut kami itu masih wajar.

munculnya peringatan variabel name contains an illegal character ini biasanya ditemukan pada saat input data (input menu variabel view) dan pada saat menggunakan menu “transform”. dibawah ini akan kami berikan contoh gambar pada variable view.

SPSS muncul tulisan variable name contains an illegal character

selanjutnya contoh yang ditemukan pada saat menggunakan menu transform

variable name contains an illegal character pada menu transform

lalu apa yang menyebabkan hal itu terjadi dan bagaimana solusinya? mari ikuti terus artikel kami ini, akan kami jelaskan penyebab dan cara mengatasinya. oiya sekedar menambah pengetahuan anda bisa membaca artikel kami yang lain mengenai langkah-langkah metode ilmiah. gimana sob? kita lanjutkan? ayoookkk.

Pertama, penyebab munculnya tulisan variabel name contains an illegal character adalah kesalahan pada input nama variabel itu sendiri, dimana kesalahannya ada pada penggunaan tanda baca (spasi). penggunaan spasi pada nama variabel yang lebih dari satu kata tidak dibolehkan.

Solusi, solusi pertama yang bisa dilakukan adalah jangan menggunakan spasi pada nama variabel yang akan di input tersebut , solusi kedua adalah ganti spasi dengan underscore maka tidak akan muncul lagi pesan tersebut.

perhatikan gambar kedua diatas “contoh yang ditemukan pada saat menggunakan menu transform”. disitu jelas bahwa telah menggunakan spasi (jaminan kesehatan) maka dari itu bisa di ganti menjadi (jaminankesehatan) atau (jaminan_kesehatan). bagaimana sob? mudah bukan? ternyata kesalahan itu hanyalah sepeleh namun susah jika memang tidak tahu penyebabnya.

Kami kira hanya ini saja yang bisa kami jelaskan mengenai adanya pesan munculnya variabel name contains an illegal character ini. semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua, aamiin. oiya, sekedar informasi, apabila kawan-kawan sekalian membutuhkan jasa olah data dengan SPSS maka bisa menghubungi kami di menu kontak yang ada di web kami ini atau langsung via WA 08duabelas 43kosongenam 077. tks

(Visited 1 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *