statistik deskriptif dalam sebuah penelitian

pembahasan mengenai statistik deskriptif ini merupakan postingan setelah artikel variabel intervening. kami berusaha menjelaskan step by step melalui website ini yang berkaitan dengan statistik. statistik deskriptif digunakan untuk menggambarkan berbagai macam atau bentuk karakteristik data yang berasal dari sampel penelitian. hal yang paling sering ditemui pada statistik deskriptif adalah berupa mean, median, modus, varians, dan standar deviasi.

agar lebih jelas maka kami akan menjelaskan apa dan bagaimana itu masing-masing bahasan pada statistik deskriptif, sebagaimana berikut:

MEAN

mean merupakan alat yang digunakan untuk mengukur rata-rata agar diketahui karakteristik dari kelompok data dengan cara membagi keseluruhan data dengan jumlah data itu sendiri, berikut contohnya:

Contoh Data:

data-statistik-deskriptif-dalam-sebuah-penelitian

 

berdasarkan tabel di atas dapat dijelaskan bahwa terdapat jumlah data sebanyak 6 data yang terdiri dari 80, 85, 70, 75, 80, dan 90. maka dapat dicari mean nya sebagai berikut:

hasil-hitung-mean-statistik-deskriptif

 

berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil test dari 6 responden di atas adalah 80.

MEDIAN

median didapatkan dengan cara membagi data menjadi dua bagian yang sama besar yang selanjutnya nilai data dihitung dengan membagi data menjadi dua bagian tersebut. berikut hasilnya:

70, 75, 80, 80, 85, 90

jadi 80 + 80 dibagi 2 = 80

berdasarkan peritungan di atas dapat disimpulkan bahwa nilai tengah (median) dari hasil test 6 responden adalah 80.

MODUS

merupakan nilai yang sering muncul. modus dicari dengan cara melihat nilai data yang paling sering muncul pada kelompok data.

data di atas menunjukkan bahwa nilai yang paling sering muncul adalah 80, maka dapat disimpulkan bahwa modus nya adalah 80.

VARIANS

merupakan adanya bias dalam data dari rata-rata. dari data di atas sudah didapatkan bahwa rata-ratanya dalah sebesar 80, selanjutnya akan dihitung menggunakan rumus berikut:

hasil-varians

STANDAR DEVIASI

merupakan akar dari varians. berdasarkan data di atas dapat dicari standar deviasi dengan rumus sebagai berikut:

standar-deviasi-statistik-deskriptif

 

 

 

demikianlah pembahasan statistik deskriptif pada kesempatan kali ini. semoga bermanfaat.. :)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *