transformasi data dengan Log menggunakan SPSS

transformasi data penelitian yang tidak normal dengan Log menggunakan SPSS ini merupakan salah satu solusi untuk anda yang sedang penelitian namun sebaran data atau distribusi datanya tidak normal saat dilakukan uji normalitas data. sekilas dapat kami jelaskan bahwa asumsi data normal diperlukan jika kita menggunakan statistik parametrik. jika data tidak normal, maka diperlukan beberapa cara, salah satunya adalah transformasi dengan Log. selengkapnya akan kami sajikan dibawah ini.

langkah-langkahnya:

1  buka data yang akan di transformasi

transformasi data dengan Log menggunakan SPSS

berdasarkan data di atas dapat dijelaskan bahwa:

Variabel X1 adalah Pelayanan

Variabel X2 adalah Harga

Variabel Y adalah Kepuasan

2 klik menu transform lalu Compute Variable

menu transformasi data

maka akan muncul jendela baru seperti berikut:

tampilan menu transformasi data awal

3 pada “target variable” isikan dengan “Log_X1” lalu pada “Function group” klik atau aktifkan pilhan “All” dan terakhir pada “Functions and Special Variables” klik dua kali pada “Lg10” sehingga muncul seperti ini:

langkah ke tiga untuk transformasi

4 klik 2 kali di variabel “Pelayanan” sehingga otomatis akan masuk ke dalam kotak “Numeric Expression” sehingga menjadi “LG10(Pelayanan)” seperti gambar berikut:

data yang tidak normal

5 Klik “OK” maka akan muncul data baru di “Data View” seperti gambar berikut:

 

hasil akhir transformasi data pakai Log

Nah…itu tadi cara yang mudah untuk melakukan transformasi untuk data yang tidak normal. cara di atas hanya dilakukan pada variabel “Pelayanan” saja, untuk variabel lain (harga dan kepuasan) silahkan dilakukan sendiri ya,,,tinggal ikuti cara-cara di atas.

setelah semuanya selesai di Log, maka silahkan dilakukan kembali pengujian normalitas data. jika kawan-kawan menggunakan uji kolmogorov smirnov, maka dapat dilihat langkah-langkahnya pada artikel uji normalitas dengan kolmogorov smirnov ini.

kami rasa cukup sekian artikel mengenai transformasi data dengan Log menggunakan bantuan program SPSS ini. terimakasih dan semoga bermanfaat.

54 thoughts on “transformasi data dengan Log menggunakan SPSS

  1. selamat pagi admin, jsebelumnya saya sudah mencoba untuk uji normalitas, namun menghasilkan data berdistribusi tidak normal, setelah itu, saya kemudian melalukan transformasi data(log10) untuk uji normalitas(kolmogrov smirnov dan p-p plot), dan data yang dihasilkan menjadi normal.
    pertanyaan saya adalah untuk melakukan uji asumsi klasik lainnya seperti uji multikolinearitas, uji autokorelasi, uji heteroskedastisitas, dll, apakah variabel dependen dan inpenden yang akan saya gunakan berupa data awal sebelum saya melakukan log, atau data yang digunakan tetap data setelah variabel dependen dan independen saya log(transformasi).
    mohon admin berkenan menjawab pertanyaan saya, terima kasih.

      1. apakah transformasi hanya untuk satu variabel(dependen atau independen) saja? atau semua variabel boleh ditransformasikan dengan Lg10 tersebut?
        Jika saya memiliki 1 variabel dependen dan 3 variabel independen, manakah yang boleh saya transformasikan? terima kasih admin yang terhormat.

        1. sejauh ini transformasi iu dilakukan sesuai kebutuhan, kalau memang semua variabel harus di transformasi ya silahkan saja mbak

  2. Gan untuk data minus jika ditransform ke log atau ln gabisa yah,lalu solusinya gimana gan?mohon pencerahannya,karena data saya tidak normal

    1. untuk data minus memang gak bisa gan,, solusinya ada beberapa, pertama jadikan datanya positif dulu, kedua, jika angkanya 0,123 maka bisa ditambahkan log (….+1)

  3. selamat siang admin,
    Terima kasih utk postingannya.
    saya sdg melakukan penelitian akuntansi, dimana ada 2 variabel independen yg menggunakan transformasi data yg berbeda dari hasil penelitian terdahulu.
    X1 menggunakan log, dan x2 menggunakan ln.

    Saya mau tanya, perbedaan transformasi data menggunakan log dan ln, data yg seperti apakah tepatnya digunakan transformasi dengan log, dan data yg seperti apa lebih tepat menggunakan transformasi ln ya?

    Terima kasih utk reply nya,

    1. penggunaan transformasi itu bisa disesuaikan dengan bentuk diagram normalitasnya,, coba kontak saya via no hape, nanti saya kirimkan gambar untuk mencocokkan bentuk transformasi dgn diagramnya

  4. Selamat sore admin. Saya mau nanya beberapa pertanyaan.
    1) saat melakukan transform log, ada beberapa data saya yg hilang (yaitu 1 pada X2, dan 1 pada X3). Mngkin karena nilainya minus, krn di output spss saat transform variabel tsb ada keterangan “the argument for the log base 10 function is less than or equal to zero on the indicated command. The result has been set to the system-missing value”. Nah otomatis saat uji descriptive statistic, jumlah data X1, X2, X3, dan Y berbeda. Saya bingung, kalau yg di regres itu data transform, maka jumlah data nya tidak akan sama. Dan selain itu, setelah saya bandingkan descriptive statistic data awal (sblm ditransform) dan setelah ditransform berbeda (n, sum, mean, max, min, dan std deviation). Bagaimana solusinya kak?

    2) Dan apakah ada rujukan atau referensi buku tentang transform?

    1. 1. data minus memang hasilnya jadi gitu gan, coba dijadikan datanya positif atau jika nilai nya 0,… maka tambahkan log (…. +1)

      2. coba cek buku2 statistik gan,, dulu ane punya tapi lupa buku siapa soalnya udah lama menghilangg bukunya

  5. Assalamualaikum.. min kalo mau transform data kan disesuaikan dengan bentuk histogramnya. Jika setiap variabel itu bentuk histogramnya berbeda2 jadi bentuk transform datanya juga berbeda dong? Seperti log natural atau akar kuadrat gitu.

  6. assalamualaikum.

    saya mau bertanya, saya melakukan uji kolmogorov-smirnov utk data rata2 harga sebelum dan rata2 harga sesudah. dan utk rata2 harga sebelum ternyata tidak normal. kira2 bagaimana utk cara selanjutnya? terimakasih sebelumnya. kalau boleh saya minta no.hp utk bertanya lebih lanjut karna sebentar lg saya mau sidang.

    1. utk data yg tdk normal bisa di transformasi atau dibuang data ekstrim, jika tidak menemukan solusi juga bisa diganti jadi non parametrik

      1. Cara mengganti non parametrik gimana ya mas ? Mohon pencerahanya
        Soalnya sudah saya transformasi tidak berdistribusi normal juga. Terimakasih

        1. non parametrik itu disesuaikan dgn bentuk uji hipotesisnya mbak,,mbak uji parametrik awalnya pakai apa?

  7. Saya melakukan uji normaliyas, tapi Variabel penelitian saya X Y Z1 dan Z2. Lah itu yg Z1 dan Z2 saya letakkan ke kolom independen. Apa benar??

  8. Assalamualaikum
    Min saya lagi neliti ni pake spss v.18,sudah saya input datanya sesuai sama data yang ada dilaporan keuangan, tapi data yang dihasilkan itu tidak normal, kemudian saya tranformasikan ke ln itu hasil datanya beda sama data mentah, itu gimana ya min bermasalah ga?

  9. Saya mau tanya apakah makna nilai sebelum dan sesudah ditransformasi log itu sama? Misalkan kadar Hb sebelum ditransformasi 12gr/dl, kemudian setelah ditransformasi menjadi 1,2. Apakah nilai tersebut mewakili secara klinis atau hanya secara statistik saja? Terimakasih.

    1. pertama, fungsi transformasi itu digunakan untuk mengubah skala pengukuran untuk selanjutnya dapat dilakukan analisis statistik (ini pun jika dibutuhkan)
      kedua, saya kurang paham dengan pernyataan mbak yang mengaitkan data secara klinis, namun jika mbak bermaksud untuk mendeskripsikan data kadar Hb maka sebaiknya gunakan data asli tersebut.

    1. ya mbak,,transformasi memang tidak menjamin 100% data jadi normal karena banyak hal yang mempengaruhinya

  10. Assalamualaikum min, saya mau tanya min. Saya kan lagi mencoba untuk pakai spss. Data sample saya pakai data sekunder, variabel independen saya 3 dan dependen 1. tahun penelitian saya 5 tahun. Lebih baik mana. Input data sample nya ke spss dengan menggunakan vertika : misalnya sampel 1 : ALKA 12, ALKA 13, ALKA 14, Alka 15, alka 16.. atau Sampel 1 = nilai x lanjut sampe dengan sempel 2 – akhir masing2 ada nilai x nya.

    Tolong dijawab ya pak, karna saya tanya sama temen saya untuk jangka periode penelitian nya lebih bagus dijabarin masing2 setiap periode nilai x nya berapa,

    terima kasih

    1. sejauh ini yang kami temukan input data sampel berdasarkan tahun seperti.
      ALKA tahun 2010
      ALKA tahun 2011
      ALKA tahun 2012
      dst…
      setelah itu baru lanjutnya ke sampel berikutnya dengan cara yang sama

  11. Saya mau tanya min, data saya tidak normal karena terlalu banyak data yg minus kemudian saya log kan. Setelah di log data sdh normal tetapi sampel menjadi 58 dari 100. Sedangkan bbrpa mengatakan bahwa minimal harus 100 sampel. Apa itu tidak apa apa ya? Sy tetap pakai yg 100 atau yg stlh di log yakni 58 sampel untuk menghitung uji autokorelasi nya.
    Terima kasih

    1. kurangnya sampel itu karena adanya missing mbak, mising itu disebabkan karena nilai negatif tidak bisa dilakukan langsung dengan log namun harus dilakukan invers skor terlebih dahulu

  12. Malam gan,

    saya sudah melakukan Log , lalu juga sudah muncul LOG X1 nya , lalu langkah selanjutnya di uji seperti biasa ? Kolom X1 nya di ganti semua dengan LOG X1 nya ?

    1. iya gan,,Log diganti dan disesuaikan dengan variabelnya, misal X1 jadi LogX1 maka uji selanjutnya variabel X1 digantikan oleh LogX1

  13. Assalamualaikum gan
    Saya mau tanya gan.
    1. Apa kan data sekunder di bisa di transfrom menjdi log / ln tidak gan?
    2. Mksd dari nilai data di positifkan dlu gmna gan?

    1. walaikumsalam,,
      1. sejauh ini memang data sekunder yang sering saya temukan menggunakan alternatif Ln
      2. ada yg menyarankan menambahkan satuan (+…..) agar data minus itu tidak ada karena data minus itu akan missing kalau ditransformasi

  14. maaf min, kalo misal udah ditransformasi dan dilakukan uji normalitas lagi tapi tidak normal . terus saya transformasikan lagi sampe berkali kali dilakukan uji normalitas tetap tdk normal. apakah ada saran lain min?

  15. Mau tanya kak. Saya sedang melakukan uji regresi 3 faktor independen dengan 1 faktor dependennya. Namun residualnya tidak berdistribusi normal dan tidak lolos uji autokorelasi. Setelah saya lakukan penanganan uji autokorelasi dengan transformasi data, model sudah lolos uji autokorelasi namun residualnya tetaap tidak berdistribusi normal. Langkah apa yg harus saya lakukan? mengingat untuk uji multiple regression uji normalitas harusnya dilakukan pada residualnya bukan pada data awalnya. Terima kasih

  16. min. kalau data tidak berdistribusi normal, kemudian dllakukan transformasi, lalu untuk uji regresinya pakai data yang mana?

  17. assalamu’alaikum min.. Saya mau nanya, apakah data yg sudah d transformasi digunakan utk semua uji, atau hanya uji yg tidak normal saja? Soal ny ketika saya log dan dgunakan utk semua uji, data menjadi normal tapi bermasalah pada uji yg lain.. Tapi jika tidak di log, data tidak normal tapi tidak bermasalah pada uji yg lain. Mohon info nya min.. Terima kasih sebelumnya..

    1. waalaikumsalam,,jika transformasi dilakukan atas dasar gangguan uji asumsi, maka uji selanjutnya dilakukan pada data yang telah di transformasi (seperti regresi,uji parsial,dan simultan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *