Transformasi data tidak normal dengan Ln pakai spss

cara transformasi data yang tidak berdistribusi normal dengan Ln pakai spss ini adalah lanjutan dari artikel transform dengan Log. kami beritahukan bahwa sebenarnya caranya tidak jauh berbeda, namun akan tetap kami jelaskan langkah-langkah pada artikel ini. permasalahan data tidak normal sering sekali kami temukan, entah itu datanya data primer (data dari kuesioner atau angket) maupun dari data sekunder (berupa laporan keuangan).

agar bisa menjawab permasalahan tersebut, maka kami selaku salah satu konsultan statistik merasa berkewajiban membagi ilmu mengenai cara mentransformasi data yang tidak berdistribusi normal. oke sob,, silahkan simak penjelasan berikut ini:

langkah pertama,

siapkan data yang akan di transformasi dengan spss

Transformasi data tidak normal dengan Ln pakai spss

dari data diatas diketahui bahwa terdapat 3 variabel penelitian, yaitu pelayanan (X1), Harga (X2), dan Kepuasan (Y)

Kedua

Klik menu transform dan klik menu compute variable, lihat gambar berikut:

langkah awal transformasi data dengan Ln

selanjutnya akan muncul tampilan spss baru, lihat gambar berikut:

tampilan baru Ln

Ketiga

Silahkan isikan dengan ketentuan sesuai urutan berikut

1 pada kotak target variable isikan dengan Ln_X1

2 pada menu Function group silahkan di klik All

3 pada menu Function and Special variables silahkan pilih Ln dengan cara klik 2 kali (klik double)

maka akan menjadi seperti ini:

lengkapi form Ln

Keempat

setelah muncul jendela seperti gambar pada langkah ketiga di atas, selanjutnya klik dua kali (klik double) pada variabel pelayanan sehingga akan tampak seperti gambar berikut:

masukkan variabel dalam kotak numeric expression

lalu klik OK

Kelima

setelah klik OK di atas, maka akan otomatis data yang sudah di Ln masuk ke dalam Data View di spss, lihat gambar berikut:

hasil transformasi data dengan Ln

Data yang ditandai dengan kotak hitam di atas adalah data yang sudah berhasil (data Ln).

Keenam

untuk transformasi variabel harga dan kepuasan silahkan lakukan dengan cara yang sama dan selanjutnya kawan-kawan bisa melanjutkan dengan uji normalitas kembali. oiya,, kami sampaikan bahwa solusi transformasi data ini tidak sepenuhnya bisa menjadikan data normal, ada beberapa kasus walaupun datanya sudah di transformasi namun hasilnya masih tetap tidak normal. jika kawan-kawan mengalami hal ini coba cari alternatif lain. semoga dalam waktu dekat ini kami bisa membagikan alternatif lainnya itu.

sekali lagi kami tekankan bahwa cara transformasi data tidak normal dengan Ln ini hanya salah satu pilihan saja sebab masih ada beberapa pilihan lainnya. oke sob, kami kira itu saja yang dapat kami share pada kesempatan kali ini. kami doakan semoga sukses selalu.. aamiin.

129 thoughts on “Transformasi data tidak normal dengan Ln pakai spss

  1. Saya mau tanya. Saya melakukan transformasi untuk data saya yg tidak normal. Ketika dilakukan analisis regresi, ternyata hasilnya menjadi berbeda. Jika saya memakai data transformasi, ternyata signifikan, namun jika saya pakai skor asli hasilnya tidak signifikan. Yang mana yang harus saya pakai. Kalau saya pakai hasil uji yg pakai skor transformasi, adakah dasar teoritisnya? Terima kasih

    1. menurut kami, jika analisisnya mengahruskan datanya normal, maka seharusnya menggunakan data transformasi, dasar teoritisnya bisa berpatokan pada pengujian prasyarat yang dalam hal ini data harus normal (pada dasarnya regresi harus memenuhi asumsi normalitas)

      1. Mau tanya jika sudah di transformasi ke LN terus hasilnya ada yg kosong atau nol, dari sampel yg saya masuk 90sampel karena hasil LN nya ada nol jadi pas saya uji normalitas sampel jadi 30sampel itu bagaimana ya? Apa maksudnya? Apa yang harus saya lakukan agar data normal dgn sampel 90sampel

        1. nilai awalnya ada yg negatif gak gan?
          kalau LN gak bisa coba transformasi dengan pilihan lain gan (memilih transformasi data itu sebaiknya berdasarkan grafik)
          selain transformasi, agan juga bisa drop data outlier gan

          1. nilai negatif tdk bisa di transformasi mbak,
            sy pernah baca artikel, sebagai alternatif bisa digunakan LN (X+1), tapi saya kurang tau jelas referensi ini

  2. Halo min saya ingin bertanya. jika data ingin dinormalitaskan melalui LN tersebut dan data telah normal. apakah boleh jika dilakukan untuk melakukan pengujian dgn data yg sebelum diubah kedalam bentuk LN ? karena sebelum diubah ke LN hasil uji regresinya sdh bagus

  3. kak mau tanya data variabel terikat x1 x2 x3 x4.variabel x1 tidak normal dan x4 nol.perlukah saya transformasi semua atau variabel yang tidak normal saja..

  4. Saya ingin bertanya saya pada test autokorelasi terdapat autokorelasi
    Lalu saya ingin mentransformasikan data saya dengan cara Ln ini
    Apakah saya harus transformasi semua variabel?
    Dan apakah saya harus ulang kembali dari awal dalam tahap uji data saat data telah di transformasi?
    Terimakasih sebelumnya

    1. untuk autokorlesi jika harus ditransformasi kami sarankan semua variabel dan dilakukan ulang utk semua uji asumsinya

  5. tnya:
    misal data saya x1,x2,x3dan y
    kemudian data jadi normal jika yang saya transformasi x2,x3,dan y sedangkan x1 tidak saya transformasi.
    bolehkah jika saya transformasi seperti diatas?(kemudian baru uji normalitas dengan 1-sample -KS.)

    1. sejauh ini, jika menggunakan KS dengan metode unstandardize…. maka semua variabel hendaknya ditransformasi,, namun jika menggunakan KS secara terpisah utk masing-masing variabel maka cukup variabel yg tdk normal saja yg ditransformasikan

      1. mba saya mau tanya referensi untuk jika salah satu variabel ditransformasikan maka semua variabel harus ditransformasikan itu dari buku apa ya mba.
        Mohon bantuannya. Terimakasihh.

  6. saya ingin bertanya ..
    Untuk data yang ditransformasi apakah harus 1 variabel penuh sedangkan yg di outlier cuma 1 case number ?

    1. jika menggunakan metode casewise maka cukup yang terdeteksi saja yg dibuang, namun apabila menggunakan Ln secara otomatis semua data akan diproses

  7. Mas sya mau tanya, data penelitian saya ada yg berbentuk persenan & rupiah. Dosen saya minta untuk distandarisasi (disamakan), kirannya bisa kasih petunjuk cara untuk penelitian saya.. mohon bantuannya

  8. Hallo kak, mau tanya
    Sebelum uji K-S kita kan menggunakan Res_1, jika hasilnya tdk normal apakah yg Res_1 tsb bisa langsung di LN? Atau harus per variabel yg di LN ?

  9. Mas ,mau tanya, untuk variabel dummy ( 0 dan 1) apakah datanya bisa di Ln kan ? , jika tidak solusinya pake apa yaa agar datanya normal
    Terimakasih

  10. Kakkk, sy mau tanya. Data yg sy uji udh normal, cm pas di uji t hasilnya tdk signifikan. Nah pas datanya sy coba di transform kok angka2 yg di variabel x hasilnya berubah jd negatif ya?

  11. Mas mau nanya dong, hasil uji f saya kan tidak signifikan tapi hasil uji f nya lebih besar dari f tabel. Saya harus transformasi data kan yah, nanti yang di uji pake transformasi data itu cuman uji f aja atau harus uji descriptiv dll atau cuman ya mas

  12. Kalau kita sudah transformasi data dan masih tidak normal, gmana min? apakah data yang sudah ditransformasi dilakukan transformasi lagi?

    1. transformasi memang tidak menjamin 100 persen data menjadi normal,, jika hasilnya seperti itu maka coba gunakan alternatif lain, yaitu gunakan analisis non paramterik

  13. Saya mau tanya, jadi awalnya data saya sudah interval karena variabelnya pendapatan, tapi nilai R square saya kecil, hal ini dianggal varian nya terlalu jauh karena variabel yg lain angkanya kecil bahkan ada variabel dummynya,namun tidak terkena asumsi klasik apapun, jadi saya ubah variabel pendapatan tsb menjadi ordinal dan diubah lagi menggunakan msi, Rsquarenya jadi besar, tapi pas saya cek uji normalitasnya datanya tidak normal, yang ingin saya tanyakan
    Apakah saya tetap menggunakan data sebelumnya untuk asumsi klasik ? Atau menggunakan data yg udah di transformasi dg msi ? Atau saya transformasi lagi dengan ln agar data saya normal ?

    1. pertama,, jika ada sumber yg mengatakan jika nilai r square kecil maka boleh dilakukan transformasi agar r squarenya tinggi maka silahkan digunakan dan secara otomatis uji asumsi klasik mengikuti data yang sudah di transformasi
      kedua, sejauh ini transformasi itu dilakukan hanya 1 kali dan disesuaikan dengan jenis transformasi berdasarkan kurva datanya

  14. Min, mau tanya
    Kalo dah di ln kan yg 0 kan jadi kosong, apakah harus di isi jadi 0 atau gmn gan?
    Soalnya n jadi berkurang dari seharusnya. Terimakasih

  15. saya mau tanya min. misalnya data kita beda satuan ukuran, ada yang menggunakan rupiah, ada yang menggunakan unit, dan ada yang menggunakan satuan ukuran dalam orang itu gimana caranya agar bisa sama min? satu lagi data yang ada pun cuman 8 tahun. bagaimana solusinya? dan saya memang masih belum menguasai SPSS.
    mohon di jawab. terima kasih sebelumnya?

  16. Mau tanya..misal variabel bebas saya ada 2..trs 1’nya tidak normal..setelah ditransform datanya masih tidak normal..untuk melakukan uji beda hrs menggunakan uji yg mana mas jika kejadian datanya seperti itu?

  17. hi min mo nanya dong
    aku udh transformasi var dependen pake ln trs normal.nah tapi untuk penjabaran hasil di skripsi disuruh mencantumkan alasan ato teori transformasi pake ln berdasarkan jurnal ato buku gitu?boleh bantu ga ada referensi jurnal ato buku spss yg jelasi teori nya gitu

  18. mba jika salah satu variabel x di transformasikan ke dalam bentuk ln apakah variabel x lainnya dan y harus di transformasikan juga?
    Jika iya apakah harus ditransformasikan dalam bentuk ln juga.? Karena variabel x saya yg lainnya banyak bernilai negatif.
    Mohon bantuaannya mba. Terimakasih.

    1. sejauh yg kami pahami transformasi itu dilakukan sesuai kebutuhan. bentuk transformasi itu juga beragam (tidak hanya ln). artinya bisa saja beda variabel beda jenis transformasi yg digunakan

  19. Mba mau tanya jika ada angka 0 dan negatif kan berarti ga bisa ditransformasi. Itu solusinya bagaimana ya?.Ada yg bilang pakai log (x+1). Nah jika bisa pakai log(x+1) maka hanya yg angka o dan negatif saja apa untuk semuanya memakai log(x+1)?. Terimakasih

  20. saya masukin data kemudian data saya ada yg ter exclude oleh aplikasi.. kemungkinan nya mslh nya variable tidak valid
    cara gabungin yg ter exclude gmna ya

    terimakasih

  21. selamat malam.
    saat ini saya mau menggunakan uji indepenten sampel t test,,,
    terdapat 2 data jantan A dan jantan B,,,jantan A tidak normal dan jantan B normal. Nah yang ingin saya tanyakan.. apakah data tersebut masih bisa di Uji T?
    terimakasih

  22. Pak saya mau nanya, data penelitian saya ada yg berbentuk rupiah:arus kas operasi (x1) & persenan (x2) (Y) . X1 saya apa perlu di Ln kan?

  23. Maaf mau tanya, saya kan melakukan uji normalitas, namun dari empat variabel 2 tidak normal, kemudian saya pakai Ln menjadi normal. selanjutnya saya melakukan uji linieritas, tetapi semuanya tidak linier, kalau demikian bagaimana ya?

    1. permasalahan ini memang sering terjadi mbak, mungkin bisa diakali dengan penambahan atau pengurangan data

  24. Selamat malam, saya mau tanya jika yg ditransformasikanya hanya nilai residualnya saja dan analisis selanjutnya tetap menggunakan data asli apakah boleh seperti itu? Terimakasih

    1. malam juga mbak,,untuk uji hipotesis seharusnya yang digunakan data yg sdh ditransformasikan, kecual analisis yang ingin melihat kejelasan data, misal rata-rata, nilai minimal atau nilai maksimal agar mudah di interpretasikan

    1. untuk data sekunder (seperti data keuangan) umumnya semua variabel di transformasi,, namun pada data primer (kuesioner) sering dilakukan transformasi pada data khusus variabel yg tidak normal saja

    1. ya mbak,, beberapa solusi yg mungkin bisa dilakukan
      pertama, lakukan Log data atau Ln
      kedua, dibuang data outlier
      ketiga, menambah atau mengurangi data

  25. selamat pagi pak saya mau bertanya apakah untuk data yang di transformasi Ln ada syarat dan ketentuan lain? data saya memiliki data kurang lebih seperti ini, data x1 (0,2; 0,005; 37,00; 0,71; 0,01; 0,16; 23,7), data x2 (67,38; 84,82; 13,92; 78,00; 56,85; 58,00; 33,00), data x3 (51,95; 13,33; 4,82; 53,94; 49,6; 5,93; 23,45) dan data y (3,02; 0,82; 4,15; 0,82; 0,63, 1,16; 0,49)
    ada yg bilang jika transofmasi Ln, nilai yg harus dimiliki nya itu yang mengalami perbandingan jauh seperti ada yang nilai puluhan dan di antara nilai puluhan itu ada salah satu yg memiliki nilai 0,002 maka itu boleh di transformasi. apakah seperti itu pak?

    1. saya baru tau informasi yg mbak sampaikan,,syarat yg saya temui sejauh ini adalah data tidak bisa bernilai negatif

  26. Kak maaf mau tanya. Saya pemula pengguna spss, jika data dianalisis dengan analis non-parametrik test data saya normal, hanya saja untuk uji homogenitas hasilnya data tidak homogen dan hasil anava nya tidak diterima. Ada solusi kah untuk memperbaiki agar data homogen dan anavanya diterima? Tks.

    1. kami kira non paramterik itu tidak mengharuskan uji asumsi seperti normalitas atau homogenitas

  27. Saya ingin bertanya karna data sy tdk normal jd saya melakukan uji SQRT lalu menjadi normal tetapi nilai N berubah dari 255 menjadi 171 dan tdk seragam, sy sudah mencoba berbagai cara dgn outlier, dll tp belum berhasil, apakah ada cara untuk memperbaiki hal ini, kebetulan data saya ada yg bernilai negatif, trims…?

  28. Mas saya mau tanya, saya menggunakan variabel dummy untuk kedua variabel independen saya tapi pas uji heteros sama uji normalitas grafiknya ga bagus (gak ngikutin deket garis) itu bagaimana y? Mohon infonya

  29. selamat malam min, mohon maaf. saya ingin menanyakan beberapa hal.
    1) setelah melakukan uji normalitas, ternyata tidak lolos, kemudian saya menggunakan uji outlier sehingga mengikis beberapa data yang outlier. namun tetap tidak normal. lalu saya menggunakan transformasi data ke bentuk Ln. apakah hal tersebut dibenarkan? (membuat dua perlakuan yaitu data outlier dan transformasi data dalam satu model)
    2) apakah ketika melakukan uji asumsi klasik, variabel interaksi pada model regresi moderating juga dimasukkan? ataukah hanya variabel independen dan moderator? atau bahkan hanya variabel independen saja?

    terimakasih

    1. 1, sejauh kasus yang kami temukan hanya satu perlakuan yg lazim digunakan
      2, untuk asumsi klasik dalam regresi tidak ada pilihan secara langsung untuk variabel moderating namun dilakukan pada var independen dan dependen

  30. Min saya mau tanya,, data sy kan semula tidak normal. Setelah sy buang outlier dan sy transform dgn cara diatas data tersebut menjadi normal. Lalu saya uji2 pake data asli atau data yg sudah di transform? Setelah saya baca koment diatas hanya analisis deskriptif saja yg pake data asli. Atau analisis atau uji lain yg pakai data asli juga. Terima kasih.

  31. Pagi pak, saya mau bertanya..
    Setelah saya LN kan kok variabel X1 saya jadi excluded variable ya pak?
    Sementara jika saya transform menggunakan SQRT tidak terdapat excluded variable namun jika menggunakan SQRT tidak normal..
    Mohon bantuannya pak, trima kasih

    1. sebaiknya sebelum di transform disesuaikan dengan pola kurva nya dulu agar metode yang dipilih tepat

  32. Pak saya mau tanya, data saya tidak normal lalu saya mencoba untuk transformasi LN
    Untuk variabelnya apakah di transformasi smuanya ?

    Pdhl x1 saya uk perusahaan sdh memakai rumus LN sbg total asetnya pd excel tabulasi data

    Apakah di spss di LN lagi ??

  33. Haloo selamat siang, saya lagi penelitian skripsi menggunakan data primer. setelah menguji normalitas dan sudah di transformasikan masih tidak normal juga. untuk uji pengaruh dan ingin menggunakan non parametrik menggunakan yang mana ya? karna sejauh ini saya coba cari saya blm menemukan uji non parametrik untuk uji pengaruh. terima kasih

  34. halo min.
    saya mau tanya untuk aturan pemakaian ln ini seperti apa ya?
    apakah dalam regresi jika satu variabel di ln, maka semua variabel harus di ln juga?
    apakah ada buku referensi (ebook) terkait transformasi ln ini?

    1. pertama, tidak harus semua variabel di Ln
      kedua, coba lihat di buku2 statistik karangan Bpk Singgih S karena beberapa bukunya ada yang membahas ttg transformasi data

  35. pagi, saya mau bertanya. apakah tidak masalah jika hasil transformasi ln bernilai mines. mohon penjelasannya

  36. Min gimana cara kita normalin data selain mengunakan on min? Soal.a data saya setelah di LN belum normal juga min,

  37. Min gimana cara kita normalin data selain mengunakan LN min? Soal.a data saya setelah di LN belum normal juga min,
    Min boleh gak minta wa nya min,
    Mkasih sebelum nya min.

  38. Assalamualaikum kak, saya mau tanya. Data angket saya kan ukurannya tidak sama, ada yg kg, dan rupiah. Untuk menskoring datanya biar rentangan angkanya tidak terlalu jauh apakah bisa dengan cara transformasi logaritma ini?
    Soalnya sy sudah coba dengan skoring data dengan cara mencari range.nya data tertinggi-terendah. Lalu nnti skornya 3,2,1. Itu hasil regresinya jelek, f hitung kecil, t hitung kecil. Apakah solusinya datanya di LN? Mohon pencerahannya kak

    1. waalaikumsalam mbak, salah satu tujuan penggunaan transformasi data itu memang untuk mengubah skala pengukuran, dan data (rupiah) ini sebagian besar sy temukan memang dilakukan transformasi mbak

  39. assalamualaikum kak, saya mau tanya tentang penelitian saya, sebelumnya saya uji asumsi klasik menggunakan data asli tp hasilnya tidak normal, kemudian data aslinya saya ln kan tapi setelah saya analisis hasilnya tetap tidak normal. solusi apa agar hasil analisis data normal? mohon dibantu ya kak terimakasih

    1. Waalaikumsalam,,,beberapa hal yang bisa dilakukan
      1. coba lakukan transformasi berdasarkan bentuk kurva nya
      2. dibuang data outlier, bisa menggunakan metode casewise
      3. tambah data penelitian

  40. Kak mau nanya, kalau udah di transform ko hasil tabel B dan std. Error nya malah jadi nol. Apa memang seperti itu ketika di transform?

  41. Selamat siang ka, saya ela
    Saya mau nanya
    Apakah boleh jika data dilakukan transformasi berkali kali?
    Lalu, data saya terkena autokorelasi dan saya perbaiki menggunakan metode transformasi cochrane orcut dengan merubahnya menjadi Lag
    Sehingga N berkurang 1.
    Apakah saya harus melakukan pengujian ulang semua uji asumsi klasik nya?
    Dan apakah untuk uji hipotesisnya saya menggunakan data baru(data lag) ?
    Mohon solusinya.
    Terimakasih

    1. sejauh yang kami tahu, transformasi dilakukan sekali mbal
      jika data berkurang biasanya itu karena ada data yang mising artinya ini tidak bisa (biasanya ada data yang minus)
      uji hipotesis dilakukan pada data yang sudah di transformasi

  42. Siang min… sy mau tanya
    Awalnya data saya tidak normal, lalu saya coba trimming. Nah, stlh trimming yg pertama hslnya ttp tidak normal. Akhirnya saya coba trimming sebnyak 12 kali dan datanya jadi normal tetapi sampel saya berkurang dari 265 menjadi 147. Apakah boleh sprt itu? Atau sebaiknya saya coba trimming dgn cara lain?

    Terima kasih utk reply nya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *