uji analisis regresi sederhana dengan spss tutorial analisis data

cara uji regresi sederhana dengan spss tutorial analisis data ini kami buat terkait dengan perimintaan beberapa klien yang menghubungi kami karena telah menonton beberapa video kami di youtube (silahkan lihat channel youtube kami). pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana caranya menganalisis atau menguji regresi sederha dengan program SPSS.

regresi sederhana digunakan apabila variabel independen dan variabel dependen masing-masing hanya 1 ( X dan Y). pada kasus ini contoh variabel yang akan kita uji adalah variabel pelayanan (X) dan kepuasan (Y). pengujian dilakukan untuk mengetahui pengaruh variabel pelayanan terhadap variabel kepuasan. ikuti langkah-langkah berikut:

1  berikut data tentang variabel yang sudah kami siapkan:

data uji regresi sederhana

2   Klik menu Analyze => Regression => Linear, sehingga tampak seperti gambar berikut:

tampilan menu regresi

setelah itu akan muncul jendela baru seperti gambar berikut:

jendela baru uji regresi sederhana

3  pindahkan variabel pelayanan ke kolom independen(s) dan variabel kepuasan ke kolom dependent. seperti gambar berikut:

memindahkan variabel untuk uji regresi sederhana

setelah itu klik “OK”

4  maka akan keluar output SPSS nya seperti gambar berikut:

hasil uji regresi sederhana

hasil uji regresi linier sederhana

5  Langkah-langkah penyelesaian

A rumusan masalah

apakah terdapat pengaruh variabel pelayanan terhadap kepuasan pelanggan

B  Hipotesis yang diajukan

Ho: Tidak ada pengaruh yang signifikan pelayanan terhadap kepuasan pelanggan

Ha: Ada pengaruh yang signifikan pelayanan terhadap kepuasan pelanggan

C  Kriteria pengujian

Ho diterima jika Sign > 0,05

Ho ditolak jika Sign < 0,05

D  Kesimpulan

berdasarkan hasil pengujian yang tertera pada output SPSS pada tabel Coofficients diketahui nilai t sebesar 5,764 dengan nilai Sig. sebesar 0,000 (artinya nilai Sig tersebut < 0,05) maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan pelayanan terhadap kepuasan pelanggan.

Catatan: terkait penyelasaian poin C tentang kriteria pengujian, masih ada cara lain selain melihat nilai Sign, cara tersebut adalah dengan membandingkan nilai T hitung dengan t tabel (cara ini akan kami bahas pada artikel selanjutnya).

Sekian kami buat artikel tentang pengujian regresi linier sederhana. semoga artike ini bermanfaat. silahkan lihat juga artikel kami yang lain tentang apa itu uji normalitas.

(Visited 2,381 times, 2 visits today)

35 thoughts on “uji analisis regresi sederhana dengan spss tutorial analisis data

  1. salam.. saya mau tanya..
    sebenarnya input ke spss dari angket yang menggunakan skala likert, total skornya atau rata2 dari skornya?

      1. tp jika setiap variabel soal pertanyaan/pernyataan per variabelnya tidak seimbang (misalnya X1 ada 5 pertanyaan, sedangkan X2 atau Y ada 7 pertanyaan) apa gak terlalu jauh skali hasilnya jika dibandingkan dengn menggunakan rata2 skornya?
        trims..

        1. kalau antara 5 dan 7 menurut kami itu tidak jadi masalah mbak, emang mbak pakai analisis apa sehingga yg digunakan rata-rata skor?

          1. analisis regresi linear..
            saya ada coba membandingkan hasil yang di input total skor dengan yang rata-rata skor, hasilnya berbeda memang hanya pada nilai konstanta nya saja.. itu bagaimana?

  2. Selamat Sore, maaf saya mau tanya kalau misalnya hanya ada satu variabel bebas kan itu masuk ke analisis regresi linear sederhana kan ya? tapi variabel terikat saya ada empat itu bagaimana? terimakasih

    1. sore juga,, jika satu variabel X dan 1 variabel Y maka bisa digunakan regresi sederhana, namun jika variabel X ada 1 dan variabel Y lebih dari 1, maka bisa digunakan struktural equation modelling (SEM)

      1. malam min, kalo saya punya 2variabel X dan 2 variabel Y apakah bisa menggunakan regresi linear berganda?

        1. lebih tepatnya kami sarankan pakai SEM mbak,, kalau dipaksakan pakai regresi rasanya kurang pas mbak karena harus di uji satu persatu dan kemungkinan tidak mewakili

  3. min klo pengujian pke regresi linier sederhana itu apa saja pengujiannya ya?
    apakah ada uji asumsi klasik, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi, uji hipotesis, uji t?

    1. ya kang, ini tahapannya:
      1 uji asumsi klasik
      a uji normalitas
      b uji heteroskedastisitas
      c uji autokorelasi (jika data bentuk time series)
      2 uji regresi sederhana (pengujian persamaan regresi)
      3 uji t
      4 uji koefisien determinasi (uji R kuadrat)

  4. Selamat sore pak, saya ingin bertanya. Saya memilki 3 variabel bebas, (x1, x2, dan x3). Saya uji variabel tersebut dengan regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Saat saya uji regresi linier sederhana, x2 saya 0,000. Namun saat saya regresri linier berganda bersama sama, nilai sig. t x2 saya 0,351 pak. Yang mau saya tanyakan, apakah wajar apabila terjadi perbedaan sig. Y pada variabel x2 dalam regresi linier sederhana dan pada regresi linier berganda? Karena hanya satu variabel saja yg berbeda. Yang lainnya tidak ada perubahan yang seperti itu. Terimakasih pak. Mohon sekali dijawab ya pak.

    1. sore juga bu,, perbedaan antar pengujian secara terpisah (di uji satu per satu) memang akan menghasilkan nilai yang beda ketika di uji secara sekaligus. kalau pertanyaan mbak wajar atau tidak wajar, mnurut sy wajar aja sih krn saat dilakukan pengujian sekaligus maka semua data variabel independen (x1, x2, dan x3) saling berkaitan.
      artinya perubahan salah satu nilai dari variabel x (misal x1) berdampak pada perubahan nilai variabel x lainnya (x2 dan x3).

  5. Selamat sore pak saya mau tanya DV saya adalah perilaku cyberbullying, kalau saya mau lihat bentuk cuberbullying mana yang paling banyak dilakukan oleh responden saya dengan spss bagaimana ya caranya?

    1. hmm,, saya agak bingung jawab pertanyaan mbak karena prtanyaannya tdk disertai dengan data atau penjelasan yang mendukung,, jadi silahkan hub sy via email..

  6. Mau nanya kalo mau lakukan analisa regresi, terus maunya itu pake binary logistic karna mau mencari hubungan yg berpengaruh misal antara variable (diare/tidak diare) dan variable sumber air bersih(baik/buruk) tapi binary logistic itu ngga ada seperti contoh di atas, apakah ada cara lain?

  7. Mau tanya. Dalam analisis data (bab 4) pada bagian analisis regresi sederhana itu, apakah menjelaskan data ttg persamaan regresi, pengaruh signifikasi, dan besarnya pengaruh variabel X terhadap variabel Y? Jika iya, bukankah pengaruh signifikasi itu akan dibahas pada uji T dan besarnya pengaruh akan dibahas pada keofisien determinasi? Atau apakah memang seperti itu dan dibahas lagi pada uji T dan keofisien determinasi?
    Terima kasih

    1. iya mbak,, memang sperti itu,,
      uji T itu digunakan utk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan, sementara persamaan regresi itu untuk mengetahui seberapa besar perubahan nilai Y akibat perubahan X (jika variabel X lebih dari 1, maka bisa juga digunakan untuk melihat variabel mana yang paling besar pengaruhnya), selanjutnya koefisien determinasi digunakan untuk mengetahu seberapa bersar variabel Y mampu dijelaskan oleh variabel X..
      jadi,,masing-masing uji punya peran masing-masing.

  8. malam min ,…. maaf sebelumnya
    ini saya mau nanya nih,,tadi siang say bimbingan sama dosen saya , dan dosen saya tidak setuju dengan rumus yang saya pakai di metode regresi linear sederhana ,,
    padahal rumus yang sya pakai adalah
    Y =a = bX
    apa ini salah atau gimana min
    apa ada rumus lain selain ini
    itu saja mohon bantuannya
    maaf sebelumnya….

  9. selamat malam
    saya mau bertanya jika saya hanya menggunakan 1 variabel yaitu analisis pengelolaan aset desa, kemudian saya menggunakan skala nominal karna jawaban dari kuesionernya hanya Ya dan Tidak.
    apa saya bisa menggunakan spss?

    1. 0,05 itu standar acuan yang digunakan artinya taraf kepercayaan penelitian mencapai 95% atau tahap kesalahan yg ditoleransi 5 % atau 0,05

  10. Malam min. Saya mau nanya ni. Kalau hasil koefisien saya minus itu penyebabnya apa ya?
    Hasilnya seperti ini.
    Y = -1,148 + 1,550X

    Kalau begini, cara menarik kesimpulannya gimana ya min?
    Penelitiannya mengenai Pengaruh tayangan program olahraga terhadap kepuasan member komunitas.
    Mohon bantuannya min, terima kasih.

    1. konstanta yang negatif biasanya disebabkan oleh variabel X memiliki rentang nilai yang jauh dengan variabel Y. misal variabel X diukur dengan rentang nilai 1-30 sedangkan variabel Y diukur dengan nilai ribuan atau jutaan. sejauh yang kami tahu, nilai konstanta negatif itu boleh diabaikan karena kalau di interpretasikan menjadi tidak masuk akal.

  11. selamat siang, saya ingin bertanya mengenai F tabel. Bagaimana cara mencari F tabel dan apakah F hitung > F tabel masuk ke dalam pembahasan hiptesis?
    kemudian persamaan regresi Y= 55,354 – 0,412x
    bagaimana kesimpulannya ya? mohon penjelasannya

    1. untuk mencari nilai f tabel silahkan lihat artikel kami ttg itu di web ini. salah satu cara menguji hipotesis memang membandingkan antara f hitung dan f tabel, jika f hitung > f tabel maka hipotesis diterima.
      nilai 55,354 itu artinya adalah nilai variabel Y jika variabel x tidak ada atau sama dengan nol
      nilai koefisien -0,412 itu artinya jika variabel X meningkat satu satuan maka variabel y akan turun sebesar 0,412

  12. Selamat malam, saya ingin bertanya tentang regresi linier sederhana, misalnya hasil persamaan yang diperoleh adalah y=0,621+0,712x . Apakah itu wajar, jika nilai konstantanya lebih kecil dari koefisien regresi? Dan bagaimna cara membaca hasil dari persamaan tersebut. Mohon Penjelasannya

    1. beberapa referensi yang saya baca memang tidak wajar jika nilai konstantanya itu nol.
      cara membaca:
      konstanta 0,621 artinya jika variabel X tidak ada atau nilainya sama dengan nol, maka variabel Y nilainya sebesar 0,621
      nilai koef X 0,712 artinya apabila variabel X meningkat satu satuan maka Y akan ikut meningkat sebesar 0,712

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *