uji homogenitas dengan spss

uji homogenitas dengan menggunakan spss  ini masih dalam rangkaian artikel kami mengenai tutorial spss. pada kesempatan di sore hari yang cerah ini kami akan membagikan langkah-langkah dari pengujian homegenitas dengan program spss, namun sebelumnya, tidak ada salahnya agan dan sista semua membaca juga artikel yang kami tulis sebelum ini yaitu tentang standar deviasi. selanjutnya, terlebih dahulu akan kami jelaskan apa, bagaimana dan tujuan dari uji homogenitas itu sendiri.

homegenitas atau homogen adalah adanya kesamaan sifat, macam, watak atau lain sebagainya dari suatu kelompok. jika dikaitkan dengan statistik maka kita akan fokus pada homogen atau tidaknya suatu kelompok data. selanjutnya tujuan dari uji homogenitas itu adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya kesamaan varians. pengujian homogenitas ini dijumpai pada analisis statistik parametrik. guna memudahkan pemahaman kita tentang uji homogenitas, maka kami akan mengajak kawan-kawan untuk langsung melakukan praktek melakukan pengujian homogenitas dengan bantuan program spss. mari perhatikan langkah-langkah berikut ini:

Pertama, data yang akan kita gunakan adalah seperti yang tertera  pada gambar berikut ini.

data uji homogenitas dengan spss

Data di atas menunjukkan bahwa dalam contoh ini terdapat dua variabel penelitian, pertama adalah variabel kualitas pelayanan (variabel bebas, variabel ini biasanya disimbolkan dengan huruf X), kedua adalah variabel kepuasan (variabel terikat, disimbolkan dengan Y). selanjutnya dapat juga dilihat bahwa jumlah data atau jumlah responden penelitian ini adalah sebanyak 20.

Kedua, taraf signifikansi yang digunakan adalah 5% atau 0,05

Ketiga, kriteria pengambilan keputusan untuk mengetahui homogen atau tidaknya adalah sebagai berikut:

apabila Sig. > 0,05 maka data ini homogen

apabila Sig. <0,05 maka data ini tidak homogen

Keempat, berikut ini langkah langkah uji homogenitas menggunakan spss. Silahkan masuk pada layar spss dan klik menu “analyze” pilih menu “compare means” lalu klik “One-Way Anova”

menu one way anova uji homogen

setelah menu “One-Way Anova” di klik maka akan muncul jendela baru seperti berikut

tampilan one way anova uji homogen dengan spss

Langkah selanjutnya pindahkan variabel Kepuasan ke kotak “Dependent List” dan pindahkan variabel “kualitas pelayanan” ke kotak “factor” dengan bantuan tanda panah yang terletak diantara kotak tersebut.

kotak analisis uji homogen

selanjutnya klik menu “option” maka akan muncul jendela baru, lalu centang bagian Homogeneity of variance test

menu homogeneity of variance test uji homogenitas

langkah terakhir klik “Continue” lalu klik “OK” maka akan muncul hasil atau output spss dari uji homogenitas

hasil uji homogenitas dengan spss

itu lah hasil pengujian homogenitas dengan menggunakan program spss.

Kelima, mari kita ambil kesimpulan dari output hasil uji homogenitas tersebut.

pengujian homogenitas di atas menghasilkan dua tabel yaitu tabel Test of Homogeneity of Variances dan tabel ANOVA. pada contoh ini kita fokus pada tabel test of homogeneity of variances saja. berdasarkan hasil di atas didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,873. nilai signifikansi 0,873 > 0,05 sehingga dapat disimpulkan pengujian variabel kepuasan berdasarkan kualitas pelayanan mempunyai varian yang sama atau homogen.

kesimpulan uji homogenitas dengan spss sudah didapatkan sehingga berakhir juga pembahasan kita. semoga bermanfaat, apabila ada kesalahan dalam artikel ini mohon kiranya diberikan masukan kepada kami. kami informasikan juga bahwa kami melayani jasa olah data spss, untuk menghubungi kami silahkan kunjungi menu kontak yang sudah kami sediakan. terimakasih

(Visited 2,248 times, 49 visits today)

2 thoughts on “uji homogenitas dengan spss

  1. data saya tidak homogen, gimana cara menghomogenkan data? apa bisa dengan ,mentransformasikannya? data saya berupas data %

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *