Uji paired sample t test dengan menggunakan SPSS

Tutorial cara melakukan uji paired t test dengan menggunakan program komputer SPSS. Program SPSS yang kami gunakan saat membuat tutorial ini adalah versi 22. Oke sob, kami awali dengan membaca Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, semoga kita semua selalu dalam lindungan-Nya. Aamiin. Pertama kita akan membahas apa itu paired sample t test dan kapan menggunakannya. Paired t test adalah alat analisis yang dapat digunakan untuk menguji ada atau tidak adanya perbedaan suatu sampel berpasangan, salah satu contohnya adalah test yang dilakukan sebelum diterapkan suatu metode (pretest) dan test yang dilakukan setelah diterapkan suatu metode (postest), trus kapan saatnya menggunakan? lihat contoh ini, apabila anda ingin mengetahui perbedaan hasil belajar antara sebelum diterapkan metode belajar “A” dengan hasil belajar setelah diterapkan metode belajar “A”, maka sangatlah tepat digunakan analisis paired sample t test.

SPSS adalah salah satu alat yang dapat digunakan untuk melakukan analisis statistik. maka dari itu kami akan menjelaskan kepada sobat semua bagaimana cara melakukan analisis paired sample t test dengan menggunakan SPSS. simak terus artikel ini ya!

Pada contoh ini kami akan melakukan analisis paired t test pada fokus mencari ada atau tidak adanya perbedaan hasil belajar siswa antara sebelum dengan sesudah diterapkan model pembelajaran Think Pair and Share. Responden terdiri dari sebanyak 15 siswa, data selengkapnya dapat dilihat sebagai berikut:

Uji paired sample t test dengan menggunakan SPSS

Selanjutnya mari kita praktekkan pada pengunaan SPSS nya, siap Sob? yuk mari…

Langkah pertama, silahkan inputkan data tersebut (bisa di copy atau ditulis ulang ke SPSS). jika ada yang masih belum tahu cara input data, maka silahkan lihat tutorial cara input data di web kami ini. apabila data tersebut sudah di input maka akan tampak seperti gambar berikut:

Uji paired sample t test dengan menggunakan SPSS

Langkah Kedua, mari kita lakukan analisis paired sample t testnya dengan cara Kli menu Analyze kemudian klik pada Compare Means lalu pilih Paired-Sample- T Test

analisis paired sample t test

maka akan muncul jendela baru seperti berikut:

menu analisis paired t test

Pindahkan variabel “Pretest” pada bagian kanan yaitu ke kotak variabel1 dan pindahkan variabel “Postest” ke kotak variabel2 dengan menggunakan tanda panah.

hasil uji paired sample t test

Langkah ketiga, mari kita simpulkan.

Hipotesis yang diajukan:

Ho : Tidak ada perbedaan hasil belajar siswa antara sebelum dengan sesudah diterapkan model pembelajaran Think Pair and Share

Ha: Ada perbedaan hasil belajar siswa antara sebelum dengan sesudah diterapkan model pembelajaran Think Pair and Share

Kriteria Pengujian:

Ho diterima apabila nilai Sig. >0,05

Ho ditolak atau Ha diterima apabila nilai Sig. <0,05

Kesimpulan:

perhatikan kotak yang telah kami lingkari di atas. berdasarkan hasil pengujian di atas didapatkan nilai Sig. sebesar 0,000. nilai Sig. 0,000 < 0,05 sehingga kesimpulannya menolak Ho atau menerima Ha. maka dari itu dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa antara sebelum dengan sesudah diterapkan model pembelajaran Think Pair and Share.

gimana Sob? mudah bukan menganalisis paired sample t test dengan menggunakan SPSS. untuk menambah wawasan, sobat sekalian bisa membaca artikel kami sebelumnya mengenai jenis data primer dan sekunder. oke sob, Silahkan di praktekkan ya! atau jika ada sobat sekalian yang masih bingung atau tidak punya waktu untuk mengerjakan analisis datanya, bisa menggunakan jasa olah data kami. tks

(Visited 1 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *