uji validitas dan reliabilitas dengan spss

artikel uji validitas dan uji reliabilitas dengan spss ini menggunakan korelasi product moment. validitas dan reliabilitas bertujuan untuk megetahui sejauh mana kuesiner yang dibuat tepat dan dapat diandalkan untuk sebuah penelitian. sebelum kita melakukan pengujian, baiknya kita ketahui terlebih dahulu apa dan bagaimana suatu kuesioner bisa dikatakan valid dan reliabel. simak penjelasan berikut:

Pertama, Uji Validitas

Uji ini dilakukan dengan cara membandingkan angka r hitung dan r tabel. jika r hitung lebih besar dari r tabel maka item dikatakan valid dan sebaliknya jika r hitung lebih kecil dari r tabel maka item dikatakan tidak valid. r hitung dicari dengan menggunakan program SPSS, sedangkan r tabel dicari dengan cara melihat tabel r dengan ketentuan r minimal adalah 0,3 (lihat buku Sugiyono, 2011).

Kedua, Uji Reliabilitas

uji ini dilakukan dengan cara membandingkan angka cronbach alpha degan ketentuan nilai cronbach alphan minimal adalah 0,6. artinya jika nilai cronbach alpha yang didapatkan dari hasil perhitungan spss lebih besar dari 0,6 maka disimpulkan kuesioner tersebut reliabel, sebaliknya jika cronbach alpha lebih kecil dari 0,6 maka disipulkan tidak reliabel.

setelah ketentuan-ketentuan di atas diketahui, maka kita akan mencoba melakukan pengujian pada kasus berikut:

contoh kasus:

seorang mahasiswa sedang melakukan pengujian instrumen yang telah disebarkan kepada respondennya tetang variabel pelayanan dengan menggunakan skala likert dan jumlah pertanyaan yang diajukan adalah sebanyak 10 pertanyaan. Data tersebut sudah di di input ke dalam SPSS sebagaimana berikut ini (lihat salah satu contoh cara input data):

pengujian validitas

lanjutan data uji validitas

PENYELESAIAN:

Pengujian Validitas dengan SPSS

1  klik menu anlyze ==> correlate ==> bivariate

menu analyze uji validitas

sehingga muncul jendela baru seperti gambar berikut:

menu korelasi bivariate

2  pindahkan semua item 1 sampai pelayanan ke kotak variables yang ada di sebelah kanan, lalu centang pearson, two tailed, dan flag significantcorrelation dan terakhir klik OK, sehingga jadi seperti ini:

memindahkan item uji validitas

3. maka akan keluar output SPSS seperti gambar berikut (perhatikan kolom yang ditandai):

output pengujian validitas spss

lanjutan output pengujian validitas

berdasarkan output di atas diketahui angka r hitung untuk item 1 adalah sebesar 0,703, item 2 sebesar 0,704, item 3 sebesar 0,670, item 4 sebesar 0,761, item 5 sebesar 0,731, item 6 sebesar 0,810, item 7 sebesar 0,752, item 8 sebesar 0,882, item 9 sebesar 0,704, dan item 10 sebesar 0,164. hasil tersebut menunjukkan bahwa pertanyaan no 1 sampai dengan no 9 adalah valid karena nilai r hitungng lebih besar dari 0,3, sedangkan pertanyaan no 10 tidak valid (0,164) karena angkanya lebih kecil dari 0,3.

 

Pengujian Reliabilitas dengan SPSS:

1  klik menu analyze ==> scale ==> reliability analysis

uji reliabilitas instrumen

sehingga muncul jendela baru seperti gambar berikut:

menu reliabilitas

2  pindahkan data item 1 sampai dengan item 10 (tanpa “pelayanan”), pastikan dalam model alpha dan klik OK:

langkah terakhir uji reliabilitas

3. sehingga akan muncul hasil atau output uji reliabilitas seperti berikut:

hasil atau output uji reliabilitas

berdasarkan hasil pengujian reliabilitas di atas, diketahui angka cronbach alpha adalah sebesar 0,818. jadi angkat tersebut (0,818) lebih besar dari nilai minimal cronbach alpha 0,6. oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa instrumen penelitian yang digunakan untuk mengukur variabel pelayanan dapat dikatakan reliabel atau handal.

itulah tadi penjelasan dari kami mengenai cara menguji validitas dan uji reliabilitas dengan menggunakan program SPSS. lihat juga cara lain untuk menguji validitas ini.

CATATAN: Jika hasil uji validitas sudah diputuskan untuk membuang item yang tidak valid, maka pada saat uji reliabilitasnya tidak perlu lagi memasukkan “item 10” (artinya hanya item 1 sampai item 9)

 

 

207 thoughts on “uji validitas dan reliabilitas dengan spss

    1. kalau yg tidak valid hanya beberapa, pilihannya bisa di dropout aja, tapi kalau banyak ya revisi kuesioner secara kseluruhan

      1. Terima kasih. Jadi semisal ada soal yg d jawab oleh responden smua benar, soalnya d hapus saja begitu kak ?

    1. berarti belum memenuhi syarat pak, instrumen yang digunakan seharusnya valid dan reliabel,, solusinya coba di drop item yang memiliki korelasi yang rendah..

      1. Kalo misalnya ada item yg perlu didrop pas uji reliabilitas, apakah langkah pengerjaannya harus di ulang dari uji validitas lg atau bisa langsung dilanjutkan uji reabilitasnya?

  1. Assalamualaikum Wr. Wb
    Terima Kasih atas ilmunya saya sangat paham … ditunggu Ilmu- ilmu selanjutnya

  2. Mau nanya kalo uji validitas n reliable , minimal orang yg diuji cobakan brp ya? Apakah boleh kurang dari 30 orang. Misalnya hanya 10 atau 20 orang

    1. di beberapa referensi yg saya baca memang menganjurkan minimal 30 orang, namun sejauh ini juga ada beberapa pendapat yang membolehkan 20 0rang. untuk 10 orang saya kira terlalu sedikit (kecuali kalau jumlah sampelnya cuma segitu)

  3. Saya sudah mencoba untuk menguji pertanyaan saya di bagian reliabilitas, pertanyaan saya 10, responden saya 40, tapi hasil nya minus ( -826). Saya coba kurangi responden nya menjadi 10 , hasilnya naik menjadi ( 682) .
    Tidak mungkin saya mengambil responden 10 orang, apa kakak punya saran untuk saya ?
    Saya sedang kebingungan.

  4. Mohon infonya, apabila nilai dari satu pertanyaan konstan misalkan 5 terus gitu nentuin validitasnya gimana ya?
    Soalnya di SPSS bilangnya tidak dapat di hitung karena setidaknya satu variabel konstan

    1. setau saya memang tidak bisa kalau ada item yang memiliki nilai konstan gan, solusinya di drop saja item tersebut

  5. cara yang digunakan untuk uji validitas dan reliabilitas apakah yang dimasukkan kedalam spss itu itemnya saja atau item dan indikator ya?

    1. item dan indikator maksudnya gmn pak?
      contohnya variabel X terdiri dari 5 pertanyaan, nah.. berarti yg di input terdiri dari 5 item (x1.1, x1.2, x1.3, x1.4, dan x1.5) selanjutnya dimasukkan juga total skor dari x1.1 sampai x1.5 tersebut.

  6. maaf mau nanya, jika ketika uji valid dari 15 pertanyaan hanya 5 yang valid apakah layak untuk menjadi kuisioner ?

    1. hmmm,,sepertinya belum gan,,soalnya trllu bnyak itu,, kalau hanya 1-3 item mungkin masih bisa ditolerir

  7. min mau nanya kenapa di setiap item itu ad dua 0 di belakang koma, misalnya 4,00 5,00 apakah itu hasil dr perhitungan dulu atau mmng gitu.maksud dari angka angkanya itu nilai apanya.trims

    1. gak sist,, itu pengaturan di variabel view nya aja,, bisa di atur 2 angka di belakang koma, 4 angka atau dihilangkan..

  8. Saya mau bertanya, apabila saya telah melakukan pengujian validitas terhadap 7 Variabel dan hasilnya hanya 4 Variabel yang Valid.

    Dalam melakukan pengujian Reabilitas, apakah saya harus memasukan 7 Variabel atau cukup 4 Variabel yang telah Valid?

    Terima Kasih

  9. Pada tabel case procesing summary kalo tolal= 100 tp muncul exclude=1 jadi n =99 padahal responden ada 100 tandanya apa kak..?? Ada kesalahan nndak disitu

    1. ya gan,, ada kesalahan..saya tdk tau persis kesalahannya dimana karena tdk bisa lihat output yg gan maksud itu..

  10. Assalamualaikum ..saya mau tanya apakah smua yg reliabel di uji reliabilitas itu pasty valid. kalok kata dosen sya tdk smua reliabel bisa d gunakan untuk menguji bisa tidak reliabel dan bisa reliabel..tapi contoh dr skripsi temen saya nilainya tdk reliabel smua kog benar yha …tolong infonya kak.

    1. Waalaikumsalam.. ya mbak, saya setuju dgn dosen mbak karena data yang reliabel belum tentu valid semua, begitu juga data yang valid belum tentu reliabel..

  11. Kak, penelitian sy pake uji panelis, dgn panelis sbanyak 5 dan butir soal (item) ada 4. Semua item valid. Sayangnya, nilai reliabilitasnya 0.511xx. Knp bisa begitu kak? Apa yg menyebabkan tdk reliabel? Klo bisa dijawab secepatnya kak. Hehe…

  12. Gimana solusinya bila data valid namun 2 dari 3 variabel hasilnya tidak reliabel gan? Sbnarnya ada ngga ketentuan reliabel selain 0.6 tks

    1. kalau tdk reliabel berarti belum lolos gan, solusinya coba di drop item2 yang korelasi rendah.
      dan selain nilai 0,6 ada juga yg berpanduan sama dgn uji validitasnya (reliabel jika cronbach alpha > r tabel)

  13. arti dari huruf a pada uji vadilitas, saya baru uji coba kuesioner dari sampel 25 saya uji coba 4 .. ada 30 pertanyaan 10 yang hasil a gitu. knp yaa??

  14. Bagaimana jika beberapa pertanyaan dalam kuesioner di uji reliabel semua namun pada saat menguji validitas ada beberapa yang tidak valid? Apakah kita harus drop out pertanyaan yang tidak valid tadi ataukah di transform? Lalu bagaimana jikalau kita melakukan uji normalitas hampir semua variabel bertuliskan signifikan 0,000 atau kurang dari 0,05? Apakah saya harus transform atau saya buang saja pertanyaan yang tidak valid sebelumnya tadi?

    1. untuk uji validitas itu biasa dilakukan drop out dan untuk uji normalitas bisa dilakukan transformasi data bu

  15. bagaimana ya cara mencari r tabelnya… kalau seperti contoh yang diatas itu r tabelnya = 0,3 dapet dari mana ya gan ?

    1. r tabel 0,3 itu salah satu ketentuan, cara lain bisa menggunakan rumus df=n-2 (sesuaikan taraf signifikansinya) lalu lihat di tabel t.

  16. Malam kak, saya mau tanya.
    Yang dimaksud kolerasi rendah itu maksudnya nilai hasilnya kecil dibandingkan nilai standar (0.3&0.6) gitu ?? Jadi kalo sedikit mending dihapus ya item yg nilainya kecil ? Tapi kalo banyak yaa direvisi (dirubah) pertanyaannya / boleh ga dirubah jawabannya ???? Hhe

    1. untuk kategori nilai korelasi, ibu bisa mengacu pada tabel korelasi (coba cek di buku2 statistik).
      beberapa pendapat memang bgtu pak, jika sedikit maka bisa dihapus saja tapi kalau banyak lebih baik di revisi kuesionernya, bukan jawabannya yg di revisi sebab itu bisa dikategorikan maniplasi data..

  17. bagaimana jika r hitung saya nilainya min (-)., contohnya min – 0,672. apakah item tersebut dikatan valid atau tidak valid?
    trimakasih.

    1. dari referensi yang saya baca, item dikatakan valid apabila nilai r hitung > r tabel dan nilainya positif, jika dikaitkan dengan teori itu tentu nilai negatif itu tdk valid

  18. mohon penjelasan, bagaimana cara menghitung/menentukan nilai minimal r tabel jadi 0,3 pada uji validitas ? dan bagaimana cara menghitung/menentukan nilai minimal cronbach jadi 0,6 pada uji reliabilitas ?
    terimakasih, ditunggu balasannya.

    1. nilai minimal r tabel 0,3 itu salah satu ketentuan yang bisa digunakan pak, ada juga yang menggunakan rumus df=n-2 untuk menentukan nilai minimal r tabelnya. begitu juga nilian cronbach alpha 0,6 (itu jugasalah satu ketentuan yg bisa digunakan, ada juga yang berpatoka, reliabel jika nilai cronbach alpha > r tabel, dan lain sebagainya tergantung teori siapa yang dipakai..

  19. Mohon penjelasanya, Misal menggunakan data dg 5 perusahaan, 5 tahun, 3 variabel. Cara memasukan datanya bagaimana? Apakah per tahun?
    Ditunggu balasanya ya, terimakasih.

  20. Kalau uji validitas, lebih baik 2 tailed atau 1 tailed ya? Beberapa buku referensi yang saya sempat baca mereka menggunakan 1 tailed, tapi tidak mencantumkan alasan mengapa.

    1. kalau menurut saya memang lebih baik one tailed, alasanya kita kembali pada pokok dasar uji validitas (dalam bukunya Prof Sigiyono atau Singgih S, saya rada lupa..dikatakan valid apabila memiliki nilai r hitung lebih besar dibandingkan dengan nilai r tabel dan nilainya positif, ), Nah..kata kunci “nilainya positif” ini yang menjadi dasar penggunaan one tailed..

  21. Maaf min mau nanya, kalau untuk menentukan nilai r tabel kenapa banyak referensi menggunakan signifikansi sebesar 5% mohon penjelasan nya. Terimakasih

  22. maaf min mau bertanya, saya mempunyai 3 variabel dalam kuisioner dan jumlah tiap pertanyaan dalam varibel berbeda, variabel 1 memiliki 7 pertanyaan, dan variabel 2 & 3 memiliki 5 pertanyaan.. apakah itu dihitung jumlah keseluruhan atau dihitung rata-ratanya ??
    Terimakasih

  23. mau tanya, saya uji reliabel nya pake aplikasi anates dan di dapat angka korelasinya. apakah angka itu bisa digunakan di r tabel?

  24. Saya mau tanya admin, saya buat kuesioner pilihan jawabannya hanya 2, yakni ya dan tidak (jika ya “1” dan jika tidak “0”) itu untuk perhitungannya sama ga seperti yg admin buat? Soalny range data yg admin buat sepertinya 1-5 (sangat setuju sekali – tdk setuju) . Itu sama ga perhitungannya?

    1. sejauh ini, untuk skala ya dan tidak itu, bisa menggunakan uji coreccted item, bisa juga pakai pearson ini mbak..

  25. Kak kenapa ya… Angaket 27 banyak jawaban yang yang bernilai 4 dan 3 setelah satmya hitung kok tidak valid. Ada masalah apa ya?? Tolong jawab

  26. Assalamualaikum, dari 50 soal, yg valid hanya 19 soal. Apakah saya harus mengganti soal2 yg tidak valid tersebut atau saya lanjutkan dengan membuang soal yg tidak valid dan melanjutkannya ke uji reliable serta uji normalitas homogeniety dengan 19 soal tersebut?

    1. Waalaikumsalam,, sejauh ini jika porsentase yang tidak valid lumayan banyak, maka soal-soal tersebut di revisi atau diganti gan,

  27. terima kasih admin atas informasinya, sangat membantu
    oiya saya ingin bertanya min, apakah setiap kuisioner peneltian harus diuji validitas dan realibilitasnya min ? sebelumnya terima kasih banyak min

    1. Uji validitas dan reliabilitas harus dilakukan jika kuesioner itu dibuat sendiri, namun jika kuesionernya menggunakan yang sudah baku atau sama dengan penelitian terdahulu (tentu sdh diuji juga) maka tidak harus lagi diuji..

  28. Maaf mau tanya, saya menggunakan uji validitas spss dalam menentukan valid atau tidaknya 10 butir soal. Tiap butik soal hasil korelasinya dktkan valid karena lbh dr r tabel karena r tabel 0,254. Tial butir soal hsl korelasinya 0,536 , 0,346, 0,867.
    Lah makna atau cara menjelaskan nilai r tabel 0,537 ada yg 0,867 itu bagaimana? Apakah hasil itu berasal dari tiap butir soal yg banyak menjawab benar atau gmn. Mksh maaf prtanyaan mbulet

    1. nilar h hitung (misal 0,536) itu adalah angka yang menunjukkan besarnya korelasi antara item dari variabel dengan skor total bukan persoalan butir yang banyak jawab benar atau salahnya mbak..

  29. Kak bagaimana jika dalam kolom case processing summary nya reliabilitas itu terisi seperti ini misalnya N nya 30 dan excluded nya 17. Itu maksudnya apa ya?

  30. Asslkum Gan, untuk menguji Reliabilitas, apakah item yang tidak valid harus di dropout dulu, atau tetap masuk k uji reliabilitas ? trims

  31. Mau tanya nih, jika kita sudah menetapkan taraf signifikan 0.05 tetapi pas dikorelasi terdapat valid di 0.05 dan jg 0.01, apakah data yg valid 0.01 tersebut bisa termasuk valid walaupun kita menetapkan 0.05?

    1. ya gan, kata kuncinya kecil dari (< ) atau besar dari (>), atau kecil sama dan besar sama,,jadi jika nilai sig kecil dari (<0,05) itu lebih baik

  32. kak aku mau tanya
    aitem variable pertama 31.. ga validnya 13 –”
    aitem variable 2 itu ada 45.. ga validnya 7..
    itu gmna, apakah saya ujicoba dari awal atau hanya menggugurkan aitem dah d coba lagi validitas dn reliabilotasnya ??

    1. ya mbak,,sejauh ini jika item yang tidak valid tidak terlalu banyak, maka digugurkan saja. melihat kasus punya mbak, saya kira masih bisa menggunakan opsi digugurkan karena walaupun banyak yang tidak valid, namun item pertanyaan masih terbilang banyak.

  33. mau nanya ka aku masih bingung kalau uji validitas dan reliabilitas itu dilakukan saat aku sudah menyebarkan kuesioner atau sebelum saya melakukan penelitian ya?

    1. uji validitas itu dilakukan saat kuesioner sudah selesai dibuat karena fungsinya untuk membuktikan apakah kuesioner yang kita buat itu layak dan handal. nah setelah di uji dan ternyata kuesioner yang dibuat itu layak dan handal, maka selanjutnya baru digunakan untuk penelitian, tetapi jika kuesioner yang kita buat banyak yang tidak valid, maka kuesioner di revisi kembali namun jika yang tidak valid sedikit bisa dilakukan drop out aja yang tidak valid itu dan bisa dilanjutkan untuk penelitian.

  34. koq hasil cronbach alpha saya negative? mengapa ya?

    padahal pada bagian validitas skortotal tidak negative alias valid

    mengapa reliabilitasnya tidak reliabel?

  35. min mau tanya, misal kuesioner saya adalah kuesioner yang pernah digunakan pada penelitian terdahulu apakah masih perlu uji validitas dan reliabilitas?

      1. apa ada ahli atau sumber yang mengatakan begitu ya kak? kalau ada boleh minta sumbernya? karena beberapa dosen mengatakan bahwa perlu di uji ulang. jadi saya perlu dasar yang cukup kuat untuk ini. terima kasih banyak

        1. Dr. Suparyanto, M.Kes menyatakan bahwa jika kita menggunakan kuesioner yang sudah baku maka tidak perlu dilakukan uji validitas lagi

  36. mimin, tanyaa.. kalo mau uji validitas realibilitas harus tes kuesioner dulu ke orang orang? misal responden saya 100, terus saya coba coba dulu 2 orang misal? atau gimana?

    1. dengan patokan Df=n-2 jadi df=300-2 = 298 didapatkan nilai r tabel (5%) sebesar 0,1132
      atau silahkan hub saya via email, nanti akan saya kasih file tabel r nya

  37. kalo nilai excludenya bisa jadi o itu bagaimana?
    punya saya coba berulang-ulang nilainya excludenya tidak 0
    solusinya bagaimana?
    dan hasil pengujian datanya walaupun valid ternyata tidak realibel.

    1. nilai exclude tidak nol (misal angka 1 atau 2) itu disebabkan adanya kotak var yang aktif namun isinya kosong (biasanya hanya titik), coba itu dihapus dan dilakukan uji ulang. kemudian untuk uji reliabilitasnya , salah satu penyebabnya adalah varian data yang relatif banyak

  38. Saya liat beberapa referensi ada yg namanya nilai r kritis nah dari beberapa referensi berbeda beda ada yg 0,25 ada yg 0,30 itu yg mana yg pasti..? Dan lebih direkomendasikan mana sih membandingkan dengan r kritis atau r tabel terima kasih

    1. referensi yang berbeda tdk jadi masalah gan, yang penting catumkan referensi yang bisa dijadikan acuan. r kritis yang paling banyak sy temukan itu 0.3 atau menggunakan ketentuan Df=n-2

  39. Terimakasih materinya, sangat membantu

    Maaf, mau bertanya:
    1. Apakah ada referensi buku atau jurnal untuk nilai perhitungan alfa > 0,6 maka kuesioner dinyatakan valid?
    2. Bolehkah admin melengkapi kutipan asli “r minimal adalah 0,3 (Menurut Sugiyono)?
    Terimakasih

    1. 1. nilai alpha 0,6 biasanya dipakai untuk uji reliabilitas, bukan validitas
      2. buku nya entah kemana sekarang gan

  40. Mencari validitas pak.
    Kalau saya punya 3 variabel independen ,misal,
    Harga,produk, pemasaran
    Apakah cara mencari nya satu persatu dari butir butir kuisioner atau digabungkan..
    Harga di uji sendiri
    Produk di uji sendiri
    Pemasaran di uji sendiri
    Atau digabungkan saja
    Mohon bantuannya

    1. sejauh ini, ada yang di uji satu persatu namun ada juga yang digabungkan. hal ini sangat berkaitan dengan pendapat dosen pembimbing masing-masing

  41. maaf kak mau tanya,kalo pernyataan skala likertnya hanya meminta saran contohnya guru menyiapkan materi secara logis dan konteks,guru menggunakan kooperatif dalam pembelajaran,guru memberikan penguatan dalam proses pmblajaran. Lalu apakah model soal sprti ini msih di lihat validnya? atau gimana kak?

    1. uji valid itu bisa dilakukan pada data kuantitatif, jika datanya berbentuk kalimat (setiap orang bebas mengisinya) disebut data kualitatif maka spss tidak bisa memprosesnya

  42. Halo gan maaf saya mau bertanya. Kalo uji reliabilitas itu bisa diliat dari perpertanyaan kuesioner ga ya? Biasanya kan rata2 kalo uji reliabilitas itu secara keseluruhan atau per variabel. Tapi kalau untuk perpertanyaan bisa ga ya?

    1. kalau mai lihat nilai cronbach alpha per item bisa dilihat dgn menggunakan uji coreccted total item mbak,, coba lihat artikel uji validitas kami yang lain mengenai coreccted total …..

  43. maaf pertanyaannya agak panjang, saya mau nanya:

    kalau di kuesioner online yang sudah saya sebar ada pertanyaan di profil responden mengenai “apakah anda pernah menggunakan layanan divisi operasional?” kalau jawaban “ya”, masuk ke section tingkat kesetujuan/kepuasan dgn skala likert pengukuran 1-4. kalau jawabannya “tidak”, kuesionernya selesai di bagian itu (langsung submit tanpa mengisi section evaluasi tersebut).

    hasil kuesioner ada 6 orang yang jawab “tidak”.

    perhitungan sampel dengan rumus slovin = 52 sampel

    pertanyaan saya:
    -Di uji validitas dan reliabilitas untuk responden yang jawab “tidak” tersebut berarti datanya dimasukkan ke aplikasi spss atau engga ya?
    -atau dimasukkan tapi hasil skala likert per item yg jwbn “tidak” dijadikan 0 semua supaya N tetap 52?

    kalau misal data di spss tdk di 0 soalnya N nya otomatis jadi 46 (dikurang 6 orang yg menjawab “tidak”). soalnya data 0 dimasukkann atau tdk hasil hitungan uji validitas dan reliabilitasnya beda.

    mohon dijawab ya kak. terimakasih

    1. iya gan,, ada beberapa pendapat,,
      ada yg bilang 0,3, ada juga 0,4, ada juga pakai signifikan 0,05, ada juga pakai rumus Df=n-2 dan lain sebagainya. yang jelas, pendapat mana yang digunakan harus dicantumkan sumbernya

  44. Kak. Saya sudah uji valid dan reliabel. Dari 7 pertanyaan yang tidak valid ada empat. Croncbach alpa minus. Pertanyaan yang tidak valid adalah no 1,2,3,4. Pertanyaan valid 5,6,7 Tetapi karena kebutuhan kuesioner saya min 5 pertanyaan. Saya mencoba mengotak atik memsukkan pertanyaan utk diuji valid lagi. nah yang saya masukkan utk uji valid lagi adalah 5,7,1,2,3. Ternyata jadi nya valid dan reliabel semua. Dan croncbach alpa juga 0.6 keatas. Pertanyaan saya apakah hal demikian bisa saya lakukan atau saya jadikan pertanyaan dikuesioner saya jdnya . Atau bagaimana. Saya benar2 bingung. Kata teman saya itu tidak masalah.. Bagaimana menurut kaka? Mohon bantuannya

  45. Slmt sore, mas, mau tanya ,kemarin coba SPSS dengan skala Guttman, hasilnya, uji realibilitasnya g ada cronbach alpha, bagian mananya yang keliru ya mas?
    terimakasih

  46. Gan.. Mau tnya.. Aku mau coba uji validitas dan reliabltas.. Tpi pas saya ketik analyze- correlate- bivariate malah keluar tulisan ” Alk Variable in the working file or in dst” .. Dan di kolom bivatianya kosong.. Itu gmana gan..?? Mohon bantuanya..

  47. Gan mau tanya.. All variable in the working file, or in variable swts in use are inappropriate for this dialog bok.. Itu maksudnya gmana gan..

  48. Gan kalau misal uji validitasnya mendapatkan data valid tapi pada saat uji reliabilitas cronbach alphanya kurang dari 0.70 misal hanya 0.654 bagaimana? ada masalah di data awalkah atau seperti apa? sedangkan ketentuan cronbach alphanya 0.70.

    1. ada beberapa solusi gan,
      pertama, lihat kembali hasil uji validitasnya, temukan nilai korelasi yg paling rendah dan coba di dropout
      kedua, coba diganti teori uji reliabilitasnya, karena ada juga teori reliabilitas yang menyatakan minimal nilai cronbach alpha 0,6

    1. standar 0,6 itu banyak kok dalam buku2 metopen atau statistik gan,, coba cek bukunya nya Bpk Budiharto, Gani, Sujarweni, dan lain-lain

  49. Apakah setiap penelitian wajib menggunakan uji validitas dan reliabelitas? Baggaimana jika tidak?

    1. penelitian yang menggunakan kuesioner yang dibuat sendiri memang diwajibkan mbak, namun jika menggunakan instrumen yang sudah baku maka tidak diwajibkan lagi

  50. kak, mau tny. kalau mau uji validitas & realibilitas kuesioner harus sebar kuesioner “coba-coba” dl ya?
    apa kuesioner “coba-coba” bs disebar ke responden selain responden target?

    mis :
    sy mau penelitian di lokasi A. utk kuesioner “coba-coba” saya sebar di lokasi B. boleh seperti itu kah?

    Mohon infonya ya kak. Thanks.

  51. Ka mau tanya itu kan di validitas yang dilingkari warna orange validitasnya ya ka?? Yang dikolom “pelayanan” atau bisa disebutjuga “skortotal”. Kalau mksd dr item1 dst dr nilai output itu yg garis lurus horizontal dikolomnya mksdnya itu apa ya??

  52. Ka mau tanya, saya udah uji validitas dari 30 pertanyaan, yg gak valid 3 pertanyaan dan yg gk valid harus didrop out kn, nah nanti dilakukan uji validitas kembali tidak setelah drop out pertanyaan tersebut? Apa ada pengaruh untuk uji selanjutnya?

    Terimakasih.

  53. Mas mau nanyak saya sudah beberapa kali ganti data kuesioner, udah valid semua tapi kenapa membuat agar reability itu susah yah? ada trik-trik atau cara untuk bisa reabel gak mas? saya sudah pusing ini hihihi 😀
    PLISSSS BANTUUU MASSS

  54. Bang, mau tanya untuk uji validitas kemarin udah valid dengan 52 responden 30 butir pertanyaan, tapi sekarang dosen cuma minta 5 responden saja untuk dikasih kuisioner dengan 30 butir pertanyaan yang sama. Kok sekarang ga valid ya bang besar Rtabelnya 0,878 ? Solusinya bang

  55. kak mau tanya.. kan saya ada 20 pertanyaan, yang valid cuma 6. jadi kata dosen sy pas uji reliabel,14 pertanyaan yg ga valid itu di hapus dulu lalu uji reliabelnya utk 6 pertanyaan yg valid itu
    bener gak ya?
    soalnya pertanyaan kk ada ga valid 1 tetep juga dimasukan di uji kan reliabel??
    mksh

    1. ya mbak,, untuk hasil akhir kalau sudah diputuskan untuk membuang item yang tidak valid maka pada saat uji reliabilitasnya item yang tidak valid itu tidak perlu dimasukkan lagi. contoh ini hanya menekankan pada carannya (belum termasuk keputusan jika ada item yang tidak valid) karena ada beberapa pilihan jika ada item yang tidak valid,,pertama membuang item yang tdk valid dan kedua merevisi kuesioner.

  56. Kak mau tanya, penelitian saya terdiri dari 3 variabel, 2 variabel bebas berskala ordinal, 1 variabel terikat berskala interval. Dalam penelitian ini saya menggunakan alat bantu spss, apakah data yg berskala ordinal harus di konversikan terlebih dahulu menggunakan msi atau tidak? Kemudian jika tidak, untuk melihat peruabahan data ordinal menjadj interval nya dari mana? Terima kasih, mohon bantuannya

  57. Assalamu’alaikum wr wb.. maaf saya mau tanya mengenai uji reliabilitas apakah menggunakan data non sampling apa sampling ya?
    Jika menggunakan data non sampling apakah harus mendrop out data yang tidak valid (waktu pengujian validitas) kemudian dicek reliabilitasnya apa bagaimana ya? Sekiranya bapak bisa memberikan sedikit pencerahan..
    Terimakasih..

    1. Walaikumsalam Wr Wb..
      sejauh yang kami pahami uji validitas dan reliabilitas digunakan pada non sampling namun pada prakteknya masih ada yg menggunakan sampling.
      uji validitas dan reliabilitas itu digunakan untuk mengetahui apakah kuesioner yg kita buat itu layak atau tidak, kalau memang layak maka baru disebarkan kepada sampel penelitian

  58. selamat pagi, saya mau tanya kalau hasil alpha nya minus it gimana ya? salahnya kira kira dibagian apa? dan apakah beda menguji reliabilty sola dan questionnaire? trims

  59. mas mau tanya dong, kalo kolom yang paling kanan itu total gimana yak maksudnya? apakah harus di intervalkan dulu datanya menggunakan MSI dan di SUM semuanya?

  60. Kak mau tanya dong… Saya membuat kuesioner sesuai standar/kebijakan, yg saya jadiin standar adl peraturan kepala PNRI no.10 th 2017. Apakah tetep ada uji validitas dan uji reliabilitas? Klo pake uji tsb, cocoknya pake rumus apa ya ka? saya pke jawabn “ya” dg nilai 1 “tidak” dg nilai 0, nah

    1. sejauh ini jika kuesioner sudah ada standarnya dan sudah berlaku untuk umum maka tidak diperlukan lagi uji validitas

  61. Assalammualaikum minn ane mau tanya nih. jadi setelah baca kolom komentar di atas kalau uji validitas idealnya dilakukan per satu variabel, maksudnya gini bukan ya misal dari 34 pertanyaan 1-18 itu dari variable X kemudian 19-34 itu dari variable Y. jadi klo mau diuji validitasnya itu sendir” kah, jadi 1-18 variable x nya dulu dilihat valid ato nggak baru 19-34 nya untukk varibale y nya.. Terima kasih

    1. waalaikumsalam Wr Wb
      iya gan,,sebagian besar memang di uji secara terpisah,,,namun di lapangan sejauh pengalaman kami, kadang ada yang minta di uji sekaligus semua item dengan skor total. kalau saran kami di uji per variabel saja.

  62. kak, saya mau nanya jika dalam uji reliabel dibagian salah satu variable yang valid hanya 1 itu gimana yaa solusinya?

    1. uji validitas itu tidak tergantung pada banyaknya variabel karena uji itu berkaitan dengan layak atau tidaknya kuesioner yang sudah dibuat

  63. Makasih ya, sangat membantu. Kalo orangnya cewe pengen salaman. Kuesioner aku valid euy Alhamdulillah gajadi revisi :’)

        1. jika mengikuti kriteria yg digunakan pada contoh ini (yaitu nilai r=0,3) artinya nilai 0,315 itu sudah valid karena lebih besar dari 0,300

  64. sebelumnya, terimakasih atas penjelasan diatas min. namun, ada satu hal yg masih mengganjal. apabila kita punya 3 variabel dan sudah kita uji validitasnya masing2, untuk uji reliabilitasnya gimana ya min, apakah masing2 variabel juga ? terima kasih banyak sebelumnya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *