Variabel dependen dan independen

Selamat pagi sob, jumpa lagi dengan kami pada kesempatan ini dalam artikel yang akan membahas tentang variabel dependen dan independen. guna menyegarkan kembali ingatan kita, kami kira ada baiknya sobat baca kembali tulisan kami mengenai variabel  penelitian yang umumnya ada pada bab 3 atau bab metode penelitian. oke sob, kita kembali fokus kesini lagi. sekedar menyampaikan saja bahwa sebagian besar artikel yang kami buat pada web ini berdasarkan pertanyaan-pertanyaan yang masuk ke no Whatsapp kami, termasuk pertanyaan mengenai apa itu variabel dependen atau variabel independen.

variabel dependen dan variabel independen sudah sangat familiar sekali ditelinga kawan-kawan yang sedang menyelesaikan tugas akhir (khususnya metode penelitian kuantitatif) dan persoalannya adalah masih ada beberapa dari mereka yang “kurang” memahami hal tersebut. maka dari itu kami berusaha menyampaikan kembali secara rinci mulai dari definisi variabel, definisii variabel dependen, definisi variabel independen, dan contoh variabel dependen dan independen itu sendiri. mari kita lanjutkan :)

Definisi Variabel

Terdapat berbagai macam definisi tentang variabel ini. Siyoto dan Sodik (2015) menjelaskan bahwa: Pertama, dalam sains variabel diartikan sebagai salah satu yang harus diteliti atas nama dan nilai, Kedua, dalam matematika variabel diartikan sebagai karakter atau abjad yang menggunakan jumlah yang belum ditentukan dan mengandung nilai, ketiga, dalam ilmu komputer, variabel dikenal sebagai nama yang umumnya berupa abjad, karakter, atau kata. selanjutnya Lubis (2018) mengemukakan bahwa variabel adalah segala sesuatu yang dijadikan objek yang akan diamati dalam penelitian atau yang menjadi pusat perhatian peneliti untuk dilakukan observasi atau diukur.

Definisi variabel dependen dan variabel independen

Variabel dependen

menurut Sugiyono dalam Zulfikar (2016), variabel dependen adalah variabel yang dipengaruhi atau dikenal juga sebagai variabel yang menjadi akibat karena adanya variabel independen. selanjutnya Widiyanto (2013) juga menjelaskan bahwa variabel dependen adalah variabel yang keberadaannya dipengaruhi oleh variabel lain.

Variabel independen

Sugiyono dalam Zulfikar (2016) menjelaskan bahwa variabel independen adalah variabel yang menjadi penyebab adanya atau timbulnya perubahan variabel dependen, disebut juga variabel yang mempengaruhi. hal senada juga dikemukakan oleh Widiyanto (2013) yaitu variabel independen merupakan variabel yang mempengaruhi variabel lain.

 Contoh variabel dependen dan independen.

contoh untuk masing-masing variabel baik dependen ataupun independen dapat dilihat dengan menganalisa judul penelitian berikut:

“Pengaruh motivasi terhadap kinerja karyawan”

berdasarkan contoh judul di atas dapat dijelaskan bahwa variabel independennya adalah motivasi (variabel ini mempengaruhi) dan variabel dependennya adalah kinerja karyawan (variabel ini dipegaruhi). pada contoh ini dapat kami tekankan bahwa kata kunci untuk mengetahui jenis variabel tersebut adalah “mempengaruhi” dan “dipengaruhi”. untuk melengkapi silahkan lihat contoh kedua judul penelitian berikut:

“Hubungan prestasi kerja dengan produktifitas kerja karyawan”

contoh kedua ini dapat dijelaskan bahwa variabel independen adalah prestasi kerja dan variabel dependen adalah produktifitas kerja. perlu kami tambahkan bahwa pada penelitian lain, variabel dependen ataupun variabel independen bisa saja lebih dari satu (1). namun pada  variabel dependen dan independen yang kami contohkan di atas hanya terdiri masing-masing satu variabel.

kami berharap tulisan ini bisa menambah pengetahuan kita mengenai variabel dependen dan variabel independen. sebagai manusia kami tidak luput dari kesalahan, maka dari itu jika ada yang keliru mohon kiranya sampaikan kepada kami atau jika ada yang masih bingung silahkan hubungi kami di kontak yang sudah disediakan (kami juga melayani jasa olah data SPSS loh). oh iya,,kalau menghubungi kami di jam kerja ya. satu lagi,,untuk menambah wawasan, silahkan baca juga artikel kami sebelumnya mengenai uji heteroskedastisitas.

Referensi:

Lubis, Mayang Sari. 2018. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Deepublish

Siyoto Sandu dan Sodik Ali. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing

Widiyanto, Mikha Agus. 2013. Statistika Terapan; Konsep & Aplikasi SPSS Dalam Penelitian Bidang Pendidikan, Psikologi & Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Zulfikar. 2016. Pengantar Pasar Modal Dengan Pendekatan Statistika. Yogyakarta: Deepublish

3 thoughts on “Variabel dependen dan independen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *