variabel intervening dalam penelitian

sesuai dengan judul tulisan ini, maka pada kesempatan ini kita akan membahas tentang apa dan bagaimana variabel intervening dalam sebuah penelitian. dari definisinya dapat dijelaskan bahwa variabel intervening merupakan sebuah variabel antara atau mediating yang memiliki fungsi sebagai penghubung variabel independen dan dependen. untuk lebih jelas silahkan lihat gambar berikut:

variabel-intervening-dalam-penelitian

berdasarkan gambar di atas dapat dijelaskan bahwa variabel budaya organisasi dapat berpengaruh langsung terhadap kinerja karyawan, namun dapat juga berpengaruh tidak langsung yaitu lewat variabel kepuasan kerja terlebih dahulu baru kinerja karyawan. jelas terlihat bahwa variabel intervening (kepuasan kerja) dapat menjadi mediating antara variabel budaya organisasi dan kinerja karyawan.

lalu analisis apa yang bisa digunakan jika penelitian kita memiliki variabel intervening?. pada kasus seperti gambar di atas kita bisa menggunakan analisis jalur (path anaysis). analisis jalur atau path analysis bisa diuji dengan menggunakan bantuan program SPSS ataupun AMOS. penjelasan mengenai bagaiamana pengujiannya menggunakan SPSS atau AMOS akan kami berikan pada postingan yang lain. namun untuk melengkapinya maka akan kami sajikan bentuk persamaan analisis jalur tersebut:

kinerja karyawan = b1 kepuasan kerja + e1…(persamaan 1)

kinerja karyawan= b1 budaya organisasi + b2 kepuasan kerja + e2…..(persamaan 2)

nah,,kami rasa cukup penjelasan mengenai variabel intervening dalam sebuah penelitian, semoga artikel ini bermanfaat. baca juga artikel mengenai solusi munculnya tanda tanya pada SPSS disini.

 

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *