apa itu uji normalitas

pertanyaan apa itu uji normalitas atau apa yang dimaksud dengan normal kami dapatkan beberapa bulan yang lalu dari salah seorang user channel youtube kami, terlihat disitu pertanyaan tentang pengertian uji normalitas dan apa fungsinya, lihat gambar berikut:

apa itu uji normalitas

selain itu berdasarkan pengalaman kami selaku analyze olah data spss, sering sekali terjadi kendala dalam hal ini, yaitu data penelitian yang didapatkan tidak normal. maka dari itu kami mencoba menggambarkan definisi ataupun pemahaman kami tentang normalitas data.

secara definisi uji normalitas akan kami jelaskan dibawah ini:

uji normalitas bertujuan untuk mengetahui apakah data yang kita miliki berdistribusi normal atau mendekati normal. yaitu data yang berdistribusi bentuk lonceng (bell shaped) atau data tersebut tidak menceng ke kiri atau menceng ke kanan (Santoso 2010, 43)

Saeful dan Bahruddin ( 2014, 113) menyatakan bahwa uji normalitas dilakukan untuk mengetahui normal atau tidaknya suatu distribusi data yang nantinya hal ini menjadi penting diketahui karena berkaitan dengan pemilihan uji statistik yang tepat untuk digunakan.

berdasarkan dua penjelasan di atas, dapat dijelaskan bahwa yang menjadi intinya adalah distribusi atau sebaran data. data yang normal adalah data yang menyebar merata dan polanya tidak menceng kekiri ataupun kekanan. untuk mengetahui sebaran datanya silahkan download data yang tidak normal dan data yang normal kemudian bandingkan. maka akan terlihat jelas perbedaannya bahwa jika data tidak normal maka polanya akan terlihat menceng dan dsitribusinya juga tidak merata.

uji normalitas dapat dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya lilliefors, p-plot, kolmogorov, chi square dan lain-lain. pada kesempatan lain akan kami jelaskan masing-masing uji tersebut, namun untuk kali ini sudah kami siapkan cara uji normalitas dengan kolmogorov smirnov disini.

(Visited 27,610 times, 10 visits today)

2 Comments to “apa itu uji normalitas”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *