Solusi untuk kategori data yang tidak muncul di data view spss

Pagi kawan,,lumayan sering pertanyaan “kok kategori di data view spss nya gak muncul ya kak?” padahal sudah benar mengikuti langkah2 tutorial “input data jenis kategori“. maka dari itu pada pagi menjelang siang ini saya berusaha menyampaikan informasi terkait solusi tersebut. sebelum saya jelaskan apa dan bagaimana solusinya, ada baiknya saya perlihatkan gambarnya seperti berikut:

gambar no 1: tidak muncul pilihan kategori

Solusi untuk kategori data yang tidak muncul

Gambar no 2: seharusnya seperti ini

kategori data yang muncul

Oke sob,,kira-kira seperti itulah gambaran kasus yang beberapa kali dipertanyakan kepada kami. maka dari itu mari kita selesaikan studi kasus ini:

Pertama, kami akan menyampaikan penyebabnya dulu, sebenarnya permasalahan tersebut bukan eror pada spss nya, melainkan ada pengaturan yang harus di atur terlebih dahulu (di beberapa versi spss, menu tersebut sudah di set otomatis sehingga kita tidak perlu lagi repot-repot mengaturnya)

Kedua, penyelesaiannya. jika keadaan tersebut terjadi pada proses pengerjaan olah data kawan-kawan semua, maka yang harus dilakukan adalah langkah-langkah berikut:

1 pilih menu “View” pada spss

menu view pada spss

2 silahkan di centang kotak “Value Labels”

menu value labels pada spss

setelah itu silahkan kembali klik 2x pada kolom “jenis kelamin” maka akan segera muncul pilihan kategori seperti pada contoh gambar no 2 di atas.

kami berharap semoga tulisan tentang permasalahan tidak munculnya pilihan kategori pada spss ini bermanfaat untuk kita semua, Aamiin. salam dan semangat tugas akhir dari kami.

(Visited 41,688 times, 19 visits today)

76 Comments to “Solusi untuk kategori data yang tidak muncul di data view spss”

  1. saya pakek spss 17, trus data sudah saya masukkan di kolom spss. ketika akan proses analyze. di menu analyze tidak keluar menu menu lainnya ya. kenapa seperti itu ya ? Terimakasih

    1. sejauh ini jika pilihan analisisnya tidak muncul itu dikarekanan softwarenya yang bermasalah

  2. Permisi . Punya saya hasilnya sudah ad namun data codingan nya hilang trus cara untuk nemukan kodingan yg sesuai dengan hasil yang sudah ada itu cra nya gimana ya ?

  3. Saya pake spss 22 tapi kenapa data view hanya muncul tanda ? Dan tidak bisa mengolah data. Kenapa seperti itu.. Terima kasih

      1. ini kasusnya sama dengan saya, bagaimana jika memang softwarenya bermasalah. apa harus instal ulang?

    1. pake spss berapa mbak? kalaupun tidak bisa muncul di data view, coba saja perhatikan pada outputnya, jika outputnya mengeluarkan kategori, maka kami kira itu tdk jadi masalah krn yg terpenting adalah outputnya itu

  4. Saya pake spss 23. Kalo hasil analisis desc hasilnya bukan angka semua, jadi misal hasilnya 2E+234585858 itu kenapa ya?

    1. biasanya itu karena kebanyakan angka di belakang koma, untuk mengeceknya klik dua kali aja di tabel itu kemudian di lebarkan kolom tabelnya maka akan kelihatan angka dibelakang koma yang terlalu banyak

  5. Saya pakai yg 16 tetep gak bisa klik kategorinya. Udh dwl versi barunya yg 19 dan 23 malah gamuncul menu bar toolbarnya. Makin parah. Gatau salahnya dmn. Udah searching gak nemu jawabannya :+ jadi bingung

  6. Kok saya yg 16 tetep gak bisa ya? Udh dwl versi barunya yg 19 dan 23 malah gamuncul menu bar dan toolbarnya. Makin parah. Gatau salahnya dmn. Searching jg ga nemu solusinya

    1. ya mbak, untuk spss 16 memang sering sy temukan (orang-orang yg bertanya kepada saya) tidak muncul kategorinya, hanya mengeluarkan angka. namun catatan pentingnya, lihat saja pada output setelah di analisis mbak, jika dalam tabel output sudah mengeluarkan sesuai kategori maka itu yg terpenting, terkait pada data view tidak muncul jadi tidak masalah.
      untuk versi 19 dan 23 yg tidak muncul toolbarnya biasanya karena instalasi yang tidak sempurna, pada beberapa kasus file instalan sebelumnya belum terhapus secara bersih dari drive komputer/laptop

  7. Sore Min, mau nanya
    Kenapa pada saat penjumlahan skor di spss, menggunakan compute variabel, hasilnnya ada yg kosong, padahal skornya lengkap.

    Terima kasih Min

        1. Pada dasarnya Koefisien regresi digunakan untuk melihat seberapa besar perubahan variabel y berdasarkan variabel X, untuk angka 0,000 sebenarnya ini angka yg sangat minim namun bukan berarti tidak ada (untuk membuktikan coba di klik double pada angka tersebut, biasanya masih ada angka di belakang koma itu hanya saja angka tersebut terlalu jauh dari koma maka yg ditampilkan hanya 0,0000 tersebut)

  8. Hi Min,

    saat uji regression hasil output seperti coefficients yang mucul hanya 1 variabel (model) padahal yang diuji ada 3 variabel. biasanya kesalahan pada datanya atau settingan spssnya ya?
    thanks

    1. tergantung gan, kalau pada data biasanya ada warningnya, namun kalau tdk ada warning biasanya krn eror software

  9. Assalamualaikum, gaes mau tanya nih. Saya pake spss 16, tadi saya nyoba uji asumsi klasik, saya udah ngikutin langkahnya dengam benar, tapi ko endingnya hasilnya ga keluar malah keluarnya “warning”. Itu gimana ya gaes. Tolong minta infonya.

  10. Min mau tanya dong, menu bar spss versi 16.0 kok gak muncul ya, file ,edit ,data, view, analizis, cara nya gimna ya?

  11. Maaf, ka mau nanya.. Saya input data di spss 0,36.. Tp yg muncul hanya ,36 gmn yaa cara ngatasin nya atau memg begitu? Trmksh sblmnya..

    1. pertama, data yg sedikit (biasanya kurang dari 5 data) tidak muncu hasilnya
      kedua, data yang nilainya sama (konstan)

  12. Permisi mau tnya ketika kita copy data desinsl dari excell ke SPSS di data view nya Tdk mau berbentuk desimal atau tidak mau berbentuk komaitu bagaimana solusinya?

  13. kak mau tanya, saya olah regresi menggunakan 3 variabel yaitu luas lahan (ha), modal (Rp), dan tenaga kerja (hok). nah untuk modal ini saya sudah olah berulang2 bahkan sudah ganti tipe datanya menjadi costum tapi sama saja kak hasilnya tetap 0,000. itu kenapa yah kak ? tidak ada warning sama sekali padahal

  14. Untuk input data variabel 0.35 kok ndak bisa ya kak? Jadi munculnya angka 35 saja, nol komanya ndak mau muncul… Pakai SPSS IBM 25

    1. coba di cek kembali penggunaan koma atau titiknya,, atau jika data dicopy dari excel coba diganti formatnya

  15. Kak, mau tanya kenapa kok data view yang ZRE_1 tidak bisa keluar yaa, sudah dicoba berulang kali tetap saja kosong,padahal data sudah lengkap. mohon solusinya kak. Terimakasih.

  16. Kak saya mau nanya spss saya versi 16 dengan windows 8.1 .. semua langkah”nya bener tapi tidak mau memunculkan hasil sama sekali.
    Itu gimana ya ?

  17. Mau nanya pada pilihan gafik legacy dialog, langkah terakhirnya kan klik OK, tapi OK nya off jadnya gak bisa klik OK, kenapa ya..

  18. selamat siang, mau tanya output hasil spss untuk nilai t dan nilai f kok gaada ya? kira-kira itu gmna yaa padahal sudah mengikuti langkah-langkahnya. terimakasih

    1. siang juga kak, apakah ada warning dari spss? jika ada warning mungkin datanya bermasalah tetapi jika tidak ada warning biasanya softwarenya bermasalah

  19. Selamat pagi.. mau nanya.. kenapa data yang diinput berubah menjadi ribuan ya..? misalnya diinput /dicopas 75,3 tetapi muncul 753,0

    1. coba perhatikan tanda titik atau koma yang digunakan di excel nya kak, biasanya tanda koma di excel harus diganti tanda titik dulu

    1. datanya berapa banyak kak? sama apakah datanya konstan?
      biasanya data yg sedikit atau data yang konstan merupakan beberapa penyebab nilai Sig tidak keluar

  20. kak mau tanya, saya pakai regresi ordinal, namun p-valuenya tidak muncul di “test of parallel lines”, lalu chi-square nya 0.0000 dan df=0. ada warningnya, tetapi bingung salah dimana. solusinya bagaimana ya?

  21. saya mau tanya kak.
    spss di laptop saya yg spss16.. ketika dibuka di laptop ini lambang spss nya berubah jadi gmbar gelas cangkir, isi dari master tabel tidak keluar..
    saya coba buka spss di laptop lama saya dg windows 7, bisa kebuka gak ada masalah.. ketika di laptop windows baru gak keluar..
    kenapa bgtu ya kak??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *